Kapolres Karimun: Hubungan Polres Dengan IWO Karimun Sangat Baik | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Kapolres Karimun: Hubungan Polres Dengan IWO Karimun Sangat Baik

Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, SH, S.I.K, MH didampingi Kabag Ops Polres Karimun, Kompol Mukharom dan Bagian Humas saat silahturahmi bersama Pengurus dan Anggota PD IWO Karimun di ruang kerjanya, Selasa (8/10/2019) di Mapolres Karimun. (Foto/Hasian Sinaga)

KARIMUN. – Hubungan Polres Karimun dan jajaran dengan wartawan yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO) Karimun sebagai mitra selama ini sudah terjalin sangat baik. Hal itu disampaikan Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, SH, S.I.K, MH saat menerima kunjungan silaturahmi Pengurus Daerah (PD) dan anggota di ruang kerjanya, Selasa (8/10/2019).

“Hubungan baik yang sudah terjalin, harus dipelihara dan ditingkatkan lagi. Polisi dan wartawan adalah mitra dan harus saling memberikan hal yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Kapolres Karimun.

Yos Guntur mengatakan, wartawan adalah pengawas esksternal Polisi. Untuk itu, Ia mengajak agar wartawan yang tergabung di IWO Karimun tetap dapat bersinergi dalam menciptakan situasi Kamtibmas di Kabupaten Karimun. Sehingga keaman dan kenyamanan serta kondusifitas dapat selalu terjaga.

Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, SH, S.I.K, MH didampingi Kabag Ops Polres Karimun, Kompol Mukharom dan Bagian Kehumasan foto bersama Pengurus dan Anggota PD IWO Karimun usai menggelar silaturahmi, Selasa (8/10/2019) di Mapolres Karimun. (Foto/Istimewah)

Selain itu, Kapolres juga berharap kepada rekan-rekan wartawan yang tegabung di IWO Karimun dapat saling bertukar pikiran dan pendapat, menyamakan persepsi serta membantu pihak Kepolisian Polres Karimun memonitor atau menangkal informasi-informasi Hoax atau berita bohong, ujaran kebencian (Hate Speech), radikal dan penghinaan terhadap pemerintah yang beredar yang belum tentu kebenaranya.

Menyaring atau memfilter segala infomasi sebelum melakukan penyiaran atau penyebaran informasi kepada masyarakat luas melalui pemberitaan. Hal ini tentunya guna memberikan informasi yang benar dan akurat, berkualitas, berimbang dan mampu memberikan edukasi yang positif bagi masyarakat.

“IWO dapat menjadi mitra kami (Polri). Wartawan di IWO juga harus menyampaikan pemberitaan yang positif dan berimbang,” pintanya.

Dikesempatan yang sama, Ketua IWO Kabupaten Karimun Rusdianto kepada Kapolres Karimun menjelaskan bahwa pembentukan PD IWO Kabupaten Karimun bertujuan untuk menghimpun wartawan online yang ada di Karimun agar profesional dan faham dengan tugas dan fungsinya sebagai jurnalis tanpa meninggalkan atau mengenyampingkan kode etik jurnalis yang berlaku.

“Hubungan baik dan sinergitas antara IWO dan Polres Karimun beserta jajaran, sudah terjalin sejak terbentuk di Kabupaten Karimun. Begitu pula dengan instansi, kedinasan dan unsur lainya yang ada di Kabupaten Karimun. Hal ini patut harus tetap kita jaga, dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” terang Rusdi.

Senada hal itu, Rusdi meminta kepada seluruh rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam organisasi profesi IWO, agar selalu menyajikan berita-berita yang berkualitas, berimbang dan valud sesuai data yang dihimpun. Tidak provokatif, menyesatkan maupun tendensius. Tidak mengurangi atau menambah data ataupun informasi yang didapat. Cek dan ricek segala informasi yang diperoleh agar terhindar dari indikator-indikator hoax.

“Tugas kita sebagai wartawan online adalah untuk memeriksa kebenaran berita itu. Kita berperan meluruskan segala informasi yang belum jelas datanya,” tegasnya mengakhiri.

Silahturahmi yang penuh keakraban dan kehangatan itu, turut diikuti Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Karimun, Kompol Mukharom dan Bagian Kehumasan. Usai menggelar silaturahmi, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama.

 

Penulis : Hasian

 

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top