Kebiasaan ini Tanpa Disadari Membuat Susah Tidur | SWARAKEPRI.COM
KESEHATAN

Kebiasaan ini Tanpa Disadari Membuat Susah Tidur

ilustrasi susah tidur/Foto : istimewa

JAKARTA – Tidur di malam hari merupakan kebutuhan setiap orang. Tidur merupakan salah satu cara tubuh untuk istirahat sekaligus mengisi kembali energi untuk aktivitas keesokan harinya. Dengan kualitas tidur yang baik, Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit, seperti diabetes, serangan jantung, hingga stroke. Sayangnya, ada beberapa hal yang tanpa disadari dapat mengganggu jadwal dan kualitas tidur Anda.

Berikut ini beberapa aktivitas atau kebiasaan yang dapat menyebabkan Anda sulit tidur:

1. Minum kopi
Kandungan kafein dalam kopi dapat membuat Anda tetap terjaga. Kafein membutuhkan waktu hingga 12 jam untuk hilang dari tubuh. Jadi Anda sebaiknya menghindari kopi pada sore hingga malam hari. Terlalu banyak minum kopi juga dapat membuat Anda gelisah saat tidur.

2. Gawai
Cahaya berwarna biru yang terdapat dalam gawai atau gadget, seperti pada televisi, ponsel, komputer tablet, atau laptop, dapat membuat produksi hormon melatonin menjadi terganggu di dalam tubuh. Hal tersebut dapat membuat Anda sulit untuk tidur.

3. Malas membersihkan kamar
Suasana kamar atau tempat tidur yang kotor, tentu akan mengganggu kenyamanan Anda hingga membuat Anda menjadi sulit tidur. Sebaiknya Anda membersihkan kamar Anda secara teratur agar tidak mengalami gangguan tidur.

4. Makan
Makan menjelang waktu tidur juga dapat mengganggu jadwal tidur Anda. Hindari mengonsumsi makanan berat tiga jam sebelum tidur. Bila Anda merasa lapar saat menjelang tidur, sebaiknya Anda mengonsumsi buah saja.

5. Bekerja
Membawa pekerjaan ke atas tempat tidur juga dapat membuat Anda mengalami kesulitan untuk tidur. Selain dapat membuat Anda merasa lelah, bekerja juga dapat menimbulkan stres yang dapat membuat Anda semakin sulit untuk tidur. Sebaiknya selesaikan pekerjaan Anda sebelum malam, dan kosongkan pikiran Anda saat menjelang tidur.

 

 

Sumber : 1HEALTH.ID

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top