Kecamatan Sekupang Bentuk Forum Dialog Lintas Agama | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Kecamatan Sekupang Bentuk Forum Dialog Lintas Agama

Dialog Kerukunan Lintas Agama Kecamatan Sekupang, Selasa(4/4)/foto : Siska

BATAM – Kantor Kementerian Agama Kota Batam melakukan inisiasi pembentukan Forum Dialog Lintas Agama di tingkat kecamatan karena dinilai memiliki peranan penting untuk menyelesaikan masalah di tengah masyarakat yang berpotensi merusak kerukunan umat beragama terutama di wilayah Sekupang.

“Kita bentuk forum seperti ini agar tumbuh forum dialog di tingkat kecamatan,” jelas Kepala Kemenag Batam, Drs. H. Zulkifli usai membuka kegiatan Dialog Kerukunan Lintas Agama di Kantor Kemenag, Selasa (4/4).

Ia menyayangkan pembentukan FKUB tingkat kota dan kecamatan yang sudah ada saat ini kurang mendapatkan pembinaan dari Pemerintah Provinsi. Oleh karena itu, dengan adanya forum dialog tingkat kecamatan, diharapkan ada inisiasi untuk menggelar diskusi secara leluasa untuk membahas kerukunan umat beragama antar tokoh agama.

“Banyak masalah yang bisa dibahas dan dicarikan penyelesaiannya melalui forum ini, seperti masalah pendirian rumah ibadah, penyebaran agama dan pendidikan agama. Apabila masalah tersebut tidak bisa diselesaikan dalam forum kecil, maka bisa diajukan ke Kemenag untuk dicarikan solusinya,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Forum Lintas Agama Kecamatan Sekupang, Mustofa mengatakan, pihaknya akan mengutakan membangun dialog antar keagamaan.

“Yang utama kita akan membangun dialog antar keagamaan, seperti masalah menyangkut ibadah dan rumah ibadah,” jelas Mustofa.

Mustofa juga akan mendorong agar ada pertemuan lebih intensif setiap 3 bulan sekali untuk melakukan dialog lintas agama. Ini diharapkan agar suatu masalah tidak berkembang menjadi besar dan merusak kerukunan umat beragama.

“Forum ini lebih fleksibel daripada FKUB, disamping membangun dialog tapi juga menerbitkan persetujuan pendirian rumah ibadah,” terangnya.

Berikut susunan pengurus Forum Kerukunan Lintas Agama di Kecamatan Sekupang Batam yang terdiri dari berbagai tokoh lintas agama :

 

Ketua                   : Mustofa M. Saleh (tokoh agama Islam)
Wakil Ketua I   : Mikhael (tokoh agama Kristen)
Wakil Ketua II : Hartoyo (tokoh agama Budha)
Sekretaris          : H. Bima Sakti, S. Ag. (Penyuluh Agama Islam)
Bendahara         : Sumi Komang (tokoh agama Hindu)

 

 

Penulis : Siska

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top