Kemenpar Promosikan Spa Asli Tanah Batak | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Kemenpar Promosikan Spa Asli Tanah Batak

spa festival nusantara di Mega Mall Batam Center/foto : Roni Rumahorbo

BATAM – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bekerjasama dengan tiga asosiasi spa yakni Indonesia Spa Professional Associaon, Indonesia Wellness Master Associtiaon dan Wellness Health Enterprenuer Association menggelar kegiatan Spa Festival Nusantara 2017 di Mega Mall, Batam Center, Minggu (16/7).

Festival ini sendiri bertemakan Martup Batak Spa, yang mana spa ini merupakan khas dari tanah Batak, Sumatera Utara dan sekaligus untuk menggali, mengembangkan, melestarikan dan memperkenalkan pemahaman baru tentang destinasi spa, sehingga produk pariwisata ini dapat turut menyumbangkan devisa negara.

Seorang ahli Antropologi budaya Prof. Rusmin Tumanggor melakukan penelitian bertahun-tahun lamanya untuk mencari benang merah dari pengobatan tradisional masyarakat Batak pada zaman dahulu.

“Tidak kurang dari ratusan dukun yang memberikan pencerahan dalam filosofi penyandingan mantra dan jampi juga telah menjadi obyek penelitannya sehingga didapatlah bagaimana praktek-praktek pengobatan dan penyembuhan dalam masyarakat tradisonal batak tersebut,” kata Rusmin sesuai rilis yang diterima SWARAKEPRI.COM.

Suku bangsa Batak terdiri dari sub suku yang tinggal di Sumatera Utara yakni Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Dairi, Karo, Simalungun sampai yang tinggal di Nanggroe Aceh Darussalam yaitu Gayo dan Alas hidup dengan hasil pertanian, antara lain padi, sawah dan ladang, tumbuhan dan lain-lain.

Dari sini terlihat betapa sumber daya tumbuhan yang sangat beragam di daerah pegunungan dan pesisir tersebut selain untuk kebutuhan konsumsi pangan ternyata juga menjadi bagian dari upaya mempertahankan kesehatan yang prima dalam rangka mengobati penyakit yang di derita masyarakat sekitar sana.

Oleh karena itu sampai sekarang dikenallah treatment spa dari Etno Batak tersebut dengan sebutan Oukup/Martup, yang sebenarnya bisa pengasapan atau penguapan.
Selain itu pijat dari Batak dengan istilah kusuk Batak mempunyai keunikan tersendiri yaitu tehnik pemijatannya dimulai dari kepala, sedangkan tehnik pijat dari daerah lain selalu dimulai dari kaki.

Karena menurut filosofi Batak, kepala bagian yang paling dihormati karena roh manusia dihembuskan dan dicabut melalui kepala. Semoga pengobatan tradisional di tanah air yang merupakan kekayaan budaya bangsa Indonesia ini tetap lestari melalui treatment relaksasi spa wellness Indonesia.

Ada tiga konsep besar dari Spa Batak yang telah dirumuskan, yakni sebagai berikut,
1. Tange (Tapanuli Utara dan Tengah, sibolga, dikenal dengan palas yakni pemanasan, atau “Pengasapan” dengan api unggun dari kayu-kayu kecil sambil membakar dirinya beserta benda-benda dan tumbuhan terkait seperti kemenyan, bawang putih dan lain-lain. Penggunanya ditutup rapat dengan kain yang agak tebal dan panjang serapat mungkin.
2. Tup (Karo dan Dairi) dan Martup (Simalungun), yakni Per-ulosan (Penyelimutan) bersifat “Penguapan” lewat sejumlah bahan tumbuhan yang telah direbus dengan periuk tanah dan dipindahkan ke dalam baskom lalu diletakkan di bawah tempat duduk pengguna dan pengguna ditutup rapat dengan kain yang agak tebal dan panjang serapat mungkin.
3. Oukup (Tapanuli Utara dan Nias) yakni bersifat Penutupan (Penyongkokan) bersifat “Pengasapan” pula dengan api unggun dari kayu-kayu kecil sambil membakar dirinya.

 

 

 

 

Rilis

Editor : Roni Rumahorbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top