KM Batam Indah VI Angkut Ratusan Satwa dan Tanaman Hias Selundupan dari Malaysia | SWARAKEPRI.COM
BATAM

KM Batam Indah VI Angkut Ratusan Satwa dan Tanaman Hias Selundupan dari Malaysia

RATUSAN SATWA DAN TANAMAN HIAS YANG DISELUNDUPKAN MENGGUNAKAN KM BATAM INDAH VI/FOTO: MARINA

BATAM – Petugas Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea dan Cukai Tipe B Batam mengamankan 952 ekor satwa dan 12 tanaman hias yang diselundupkan dalam karton dari Pasir Gudang Malaysia tujuan Batuampar Batam menggunakan KM Batam Indah VI. Upaya penindakan tersebut dilakukan petugas Bea dan Cukai pada Rabu (11/7/2018).

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Bea dan Cukai Tipe B Kota Batam, R. Evy Suhartantyo mengatakan berdasarkan pemeriksaan terhadap muatan kapal diketahui jenis satwa yang diselundupkan beraneka macam, antara lain 909 ekor kura-kura, 24 ekor iguana, 6 ekor burung perkutut, 12 ekor Love Bird dan 1 ekor anak buaya.

Saat ini, satwa dan tumbuhan yang berasal dari Malaysia dalam kondisi baik dan telah dititipkan kepada Seksi Konservasi Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau di Batam.

“Kita telah ajukan permohonan kepada Balai Karantina Pertanian Kelas I Batam dan Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas 1 Batam untuk dapat dilakukan uji laboratorium terkait kesehatan satwa dan tumbuhan tersebut,” ujar Evy saat konferensi pers di KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam pada Jumat (13/7/2018).

Ia melanjutkan, diduga upaya penyelundupan satwa dan tumbuhan yang dilakukan AG dan TD kemungkinan termasuk dalam apendiks I dan apendiks II. Upaya penyelundupan satwa dan tumbuhan tersebut diduga melanggar Pasal 102 Huruf (a) jo, Pasal 102 Huruf (e) UU No. 17 Tahun 2006 Tentang Perubahan Atas UU No. 10 tahun 1995 Tentang Kepabeanan jo, Pasal 55 Ayat 1 KUH Pidana jo UU Karantina.

“Jenis satwa dan jenis tumbuhan beserta nilai perkiraan masih menunggu identifikasi dari Seksi Konservasi Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau dan kasus ini masih dalam proses penelitian lebih lanjut,” tutup Evy.

Penulis : Marina

Editor   : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − four =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top