Kolonel Halomoan : RTRW Kepri Harus Sinkron dengan Pembangunan Pertahanan | swarakepri.com
Iklan Disini 728 x 90
KEPRI

Kolonel Halomoan : RTRW Kepri Harus Sinkron dengan Pembangunan Pertahanan

Kunjungan Kerja Panja RTRW Komisi IV DPR RI di Graha Kepri, Batam,Selasa(21/2)/foto : Siska

BATAM – Kepala Kanwil Pertahanan Kepri, Kolonel Halomoan meminta Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kepri bisa disinkronkan dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) wilayah pertahanan.

“RTRW untuk kesejahteraan dan RUTR untuk pertahanan, itu seharusnya sejajar,” ungkap Kolonel Halomoan usai mendengarkan pemaparan RTRW Kepri saat kunjungan Kerja Panja RTRW Komisi IV DPR RI di Graha Kepri, Batam Center, Selasa(21/2).

Menurutnya supaya pembangunan kesejahteraan bisa berjalan dengan baik, perlu diiringi dengan pembangunan pertahanan karena di setiap provinsi harus di lengkapi wilayah pertahanan.

“Setiap provinsi harus punya daerah pertahanan mengingat ancaman ke depan kita tidak tahu apa yang akan terjadi, tentunya kita harus siap agar kejadian yang tidak diharapkan terjadi,” jelasnya.

Ia mengatakan, dalam ilmu strategi militer perlu disiapkan daerah depan yaitu daerah pertempuran, daerah komunikasi dan daerah pangkal perlawanan.

Daerah pangkal perlawanan tersebut diperlukan untuk mempersiapkan gerilya sehingga musuh tidak sewenang-wenang dan mengeksploitasi masyarakat maupun negara tanpa perlawanan.

Sesuai dengan UU No. 3 Tahun 2002, sistem pertahanan di Indonesia adalah sistem pertahanan rakyat semesta, karena apabila terjadi peperangan maka seluruh rakyat serta aparat TNI harus bekerjasama dalam menghadapi ancaman atau musuh tersebut.

“Kami mohon dari RTRW juga disiapkan RUTR wilayah pertahanan,” pungkasnya.

 

Penulis  : Siska

Editor    : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Iklan Disini 728 x 90
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top