Kominfo Siapkan Aplikasi Informasi Asian Games 2018 | SWARAKEPRI.COM
OLAHRAGA

Kominfo Siapkan Aplikasi Informasi Asian Games 2018

menkominfo rudiantara/foto : Istimewa

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan ada beberapa hal yang bisa membuat nilai Indonesia naik di mata dunia saat Asian Games 2018. Salah satunya melalui teknologi.

Untuk itu Rudi mengungkapkan beberapa aspek yang saat ini tengah dipikirkan Kominfo demi membantu peningkatan nilai Indonesia. Salah satu yang ada di benak Rudi adalah pembuatan aplikasi pendukung yang khusus menyediakan informasi mengenai gelaran Asian Games 2018.

“Kami akan membuat itu (aplikasi), mungkin jelang akhir tahun,” ujar Rudi saat ditemui usai rapat di Kantor Wakil Presiden, Kamis (30/3/2017).

Menurut Rudi, sistem soal informasi penyelenggaraan Asian Games sudah pasti ada pengaturan resmi dari Dewan Olimpiade Asia (OCA). Namun untuk masalah aplikasi, Rudi menganggap itu akan terserah pada kreativitas tuan rumah.

Bagi Rudi untuk bisa merealisasikan aplikasi tersebut Kominfo siap melakukan negosiasi ulang. Itu semua dilakukan agar pengembangan aplikasi itu tetap sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan OCA.

Selain itu, dengan target aplikasi terbentuk akhir 2017, Rudi akan menggelar hackathon di mana para programmer di Indonesia dikumpulkan untuk menyusun aplikasi yang diinginkan. Rudi yakin akan terbentuk tepat waktu.

Tak hanya soal aplikasi, Rudi mengatakan akses internet 4.5G juga tengah direncanakan untuk bisa diterapkan di Indonesia saat gelaran Asian Games 2018 berlangsung. Bahkan, kalau memungkinkan Rudi ingin agar para peserta Asian Games bisa menggunakan simcard mereka di Indonesia dan tak perlu membeli simcard Indonesia.

Hal itu dimaksudkan agar memudahkan akses para atlet saat tengah berada di wisma atlet atau ketika menyaksikan pertandingan lain yang digelar di Asian Games 2018.
Editor : Roni Rumahorbo

Sumber : CNN Indonesia

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top