KRI Lepu-861 Gagalkan Penyelundupan 20 Ribu Unit Handphone Melalui Perairan Selat Singapura | SWARAKEPRI.COM
BATAM

KRI Lepu-861 Gagalkan Penyelundupan 20 Ribu Unit Handphone Melalui Perairan Selat Singapura

PELAKSANAAN PRESS RELEASE DIPIMPIN LANGSUNG OLEH PANGKOARMADA I DI MAKO LANAL BATAM

BATAM – Sebanyak 20 ribu unit handphone berhasil diamankan KRI Lepu-861 yang rencananya akan diselundupkan oleh kapal kayu KLM Berkat Saudara Jaya di perairan selat Singapura.

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I), Laksamana Muda TNI Yudo Margono, mengatakan kapal KLM Berkat Saudara Jaya berbendera Indonesia tersebut ditangkap pada Selasa, 16 Oktober 2018, di perairan selat Singapura pada saat membawa barang-barang elektronik. 

“Pada saat melaksanakan patroli di perairan selat Singapura, berdasarkan tampilan visual radar jaga radar melihat adanya kontak yang mencurigakan. Diketahui kontak tersebut adalah 1 unit kapal kayu jenis kargo,” ujar Yudo Margono saat menggelar konferensi pers di Mako Lanal Batam, pada Jumat (19/10/2018). 

Ia juga mengatakan jumlah muatan sebanyak 609 koli atau sekitar 20 ribu unit handphone dari berbagai merk. Nilai muatan tersebut diperkirakan mencapai Rp 20 miliar. 

“Untuk satu handphone harganya di atas 1 juta, kita perkirakan dengan total jumlah segitu, nilainya mencapai 20 miliar rupiah,” ungkap Yudo. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kapal tersebut diduga melakukan pelanggaran, antara lain Surat Persetujuan Berlayar diduga palsu, muatan kapal tidak sesuai manifest dan satu ABK tidak memiliki buku pelaut. Selanjutnya, KLM Berkat Saudara Jaya beserta nahkoda berinisial H dan 10 orang ABK kapal diserahkan Lanal Batam untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Saat ini mereka belum mengaku siapa pemilik barang tersebut. Barang ini termasuk masuk barang  ilegal masuk ke Indonesia yang menjadi kerugian negara. Nantinya, kita mintakan putusan pengadilan untuk dilelang dan masuk ke kas negara,” ungkapnya.

Penulis : Marina

Editor   : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − nine =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top