Kualitas Guru jadi Persoalan Pendidikan di Indonesia | SWARAKEPRI.COM
PENDIDIKAN

Kualitas Guru jadi Persoalan Pendidikan di Indonesia

ilustrasi/foto : Ist

JAKARTA – Kesenjangan kualitas guru dinilai menjadi persoalan pendidikan yang paling mendesak untuk diselesaikan saat ini.

Pakar pendidikan Itje Chodijah mengatakan secara umum masalah yang dialami dunia pendidikan di Indonesia saat ini adalah keadilan dan kesamaan. Menurutnya, masih banyak kesenjangan mutu pendidikan, serta sarana dan prasarana pendidikan di berbagai daerah.

“Saya menilai kualitas guru masih menjadi persoalan yang sulit dicari solusinya,” ujarnya, Jumat (28/4).

Itje menuturkan kesenjangan kualitas guru ini bisa disaksikan dari hasil uji kompetensi guru. Menurutnya, hasil beberapa kali uji kompetensi guru masih belum memuaskan dan berada di bawah rata-rata hasil yang ditargetkan pemerintah.

Kualitas guru yang baik menurutnya bisa dilihat dari cara guru tersebut mengajarkan muridnya. Itje menuturkan guru harus bisa menjadi fasilitator bagi muridnya, bukan hanya menjadi pengajar. Dalam hal ini, guru harus mengajarkan cara untuk belajar dan bukan hanya menghafal pelajaran.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesenjangan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi tidak hanya dapat membuka akses tetapi juga meningkatkan mutu guru. “Guru yang terampil adalah guru yang dilengkapi dngan materi ajar yang tepat dan up to date,” paparnya. Demikian Bisnis.com.

 

 

Editor : Roni Rumahorbo

Sumber : Bisnis.com

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 9 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top