Lahan Buffer Zone di SP Plaza Disulap Jadi Ladang Bisnis | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Lahan Buffer Zone di SP Plaza Disulap Jadi Ladang Bisnis

BP Batam dan Pemkot Lakukan Pembiaran

BATAM – swarakepri.com : Lahan penghijauan atau Buffer Zone didepan SP Plaza yang beralamat di Jalan R Soeprapto, Batu Aji Batam disulap menjadi ladang bisnis oleh pemilik SP Plaza sebagai ladang bisnis. Pengelola SP Plaza membangun kios-kios liar diatas Buffer Zone dan menyewakannya kepada para pedagang dengan tarif yang mahal.

Ayu, salah seorang pedangan yang menyewa salah satu kios didepan SP Plaza mengaku para pedagang membayar tarif sewa kios dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta. Uang sewa kios tersebut diserahkan langsung di kantor pengelola SP Plaza.

“Setiap bulan uang sewa kami bayarkan kepada pengelola SP Plaza bernama Gn(inisial,red),” ujarnya sore ini, Senin(26/1/2015) di kios miliknya.

Selain membangun kios-kios bagi pedagang makanan, pengelola SP Plaza juga menyewakan lokasi Buffer Zone kepada perusahaan otomotif untuk dijadikan stand penjualan sepeda motor.

Jika dihitung dengan jumlah kios yang mencapai 30 unit, pengelola SP Plaza bisa mengumpulkan uang sewa dari bisnis lahan Buffer Zone sebesar Rp 90 juta setiap bulan.

Kuat dugaan untuk memuluskan bisnis di atas lahan Buffer Zone tersebut, pengelola SP Plaza telah memberikan upeti kepada oknum-oknum pejabat yang ada di Badan Pengusahaan(BP) Batam dan Pemko Batam. Hal itu terindikasi karena sejak dibangun 4 tahun lalu, bangunan-bangunan liar tersebut tidak pernah ditertibkan oleh kedua institusi tersebut.

Tato Wahyu selaku Direktur Pemukiman Lingkungan dan Agribisnis BP Batam hingga berita ini diunggah belum berhasil dikonfirmasi. Ketika dihubungi lewat nomor ponselnya 08119XXXXX, seseorang yang mengangkat ponsel tersebut mengatakan yang bersangkutan sedang menerima tamu. “Bapak lagi menerima tamu,” ujar seseorang dari balik telepon. (red/AMOK)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 19 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top