Mantap, Bupati Panen Jagung di Kundur | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Mantap, Bupati Panen Jagung di Kundur

KARIMUN – Bupati Karimun H Aunur Rafiq melakukan panen jagung manis di sekitar lahan persawahan Desa Teluk Radang Kecamatan Kundur Utara, Selasa (16/2/2016).

 

Aunur Rafiq menyebut, lahan yang dimanfaatkan oleh masyarakat merupakan hutan rimba yang terbiarkan, kondisinya selalu terendam saat air pasang serta saat curah hujan cukup tinggi. Namun dalam hal ini pemerintah mencoba mengambil langkah dalam memanfaatkan tanah yang ada untuk kebutuhan masyarakat.

 

“Luas lahan mencapai 270 hektare yang dulu masih menjadi hutan terendam, namun sekarang sudah digarap oleh petani seluas 150 hektare. Berkat bantuan dari Pemprov Kepri termasuk pemerintah pusat dan APBD Kabupaten Karimun, lahan yang dulunya tidak produktif alhamdulilah sekarang sudah siap pakai dan telah dimanfaatkan oleh petani untuk menanam kebutuhan pokok,” ucap Rafiq.

 

Khususnya lanjut dia, untuk pengembangan tanaman padi ada sekitar 35 hektar termasuk tanaman palawija yang dikelola oleh 75 orang dari dua kelompok tani yang tergabung, yakni Kelompok Tani Mekar Sari dan Kelompok Tani Setia Jaya. Tentunya dengan lahan yang sudah semakin baik ini diharapkan para petani termotivasi untuk mengembangkan area yang ada dengan tanaman-tanaman palawija. Sebagaimana yang dilakukan kemarin dalam melaksanakan panen jagung bersama-sama.

 

Bantuan yang telah diberikan kata Rafiq cukup banyak, sejak awal dimulai dengan menyerahkan bantuan permodalan, bantuan bibit, pupuk, sarana-sarana penunjang seperti pintu air, irigasi, tanggul dan sekarang menjadi badan jalan, kemudian sekavator, hand tractor, mesin robin dan banyak lagi. Yang intinya bantuan untuk sarana penunjang yang dinilai hampir sempurna diberikan bagi petani.

 

“Yang perlu ditambah lagi adalah hand tractor dan mesin rotari. Kalau status lahan ini adalah bukan milik perorangan melainkan milik negara. Kemudian lahan ini dikelola kelompok tani yang pemanfaatannya diserahkan untuk mereka.

 

Sementara luas lahan yang ditanami jagung mencapai dua hektare dari 10 yang diperuntukkan oleh pemerintah. Sedangkan jumlah jagung yang dihasilkan diperkirakan mencapai hampir 10 ton yang merupakan jenis jagung manis.

 

(red/HK)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 16 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top