Masjid Agung II Bakal Jadi Objek Wisata Religi Baru di Batam | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Masjid Agung II Bakal Jadi Objek Wisata Religi Baru di Batam

BATAM-Pada tanggal 20 September mendatang Walikota Batam Muhammad Rudi akan segera meresmikan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah (Masjid Agung II) yang berlokasi di Tanjunguncang, Batam.

Pengurus Masjid Agung Batam, Firmansyah, saat ditemui di lokasi usai menunaikan sholat dzuhur berjamaah merasa senang dan sangat bersyukur dengan adanya  masjid terbesar se-Sumatera itu.

“Kami merasa bersyukur dengan adanya masjid tersebut, jadi kalau di wilayah timur ada Masjid Agung Batam, maka di wilayah barat nanti ada Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang insyaallah akan diresmikan pemakaiannya nanti tanggal 20 oleh bapak Walikota,” tuturnya pada Senin (16/9/2019).

Dengan adanya masjid yang begitu megah, indah, dan terbesar di Sumatera ini, lanjut Firmansyah, untuk kegiatan setiap harinya khusus seperti sholat 5 waktu, masyarakat sekitar bisa memakmurkan masjid tersebut, baik untuk pelaksaan ibadah dan juga syi’ar agama islam lainnya.

Seperti yang telah disampaikan oleh Walikota beberapa waktu lalu, firmansyah berharap agar pelaku usaha dibidang wisata untuk menjadikan masjid tersebut menjadi salah satu destinasi tujuan wisata religi di Batam.

“Kami harap juga semoga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bisa berkoordinasi dan bekerjasama dengan para pengusaha travel, untuk membuat schedule dan memasukkan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ini dalam schedule perjalanan wisata. Jadi, setiap wisatawan muslim maupun non-muslim dibawa kesana, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” tambahnya.

Firmansyah juga berharap nantinya diwilayah sekitar masjid tersebut untuk bisa dibuat sebuah tempat untuk menjual berbagai oleh-oleh khas Batam.

“Mungkin apabila disana nanti bisa dibuat suatu tempat mungkin untuk pusat oleh-oleh dan souvenir. Sehingga dengan itu, wisatawan yang datang bisa membawa suatu buah tangan, dan mempengaruhi tingkat masa tinggal mereka yang biasanya pergi pagi pulang petang mungkin bisa nantinya jadi bertambah menjadi beberapa hari. Dan pastinya dari segi ekonomi masyarakat sekitar juga dapat meningkat,” pungkasnya

Diketahui Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah memiliki model arsitektur seperti Masjid Nabawi di Madinah. Terdiri dari dua lantai dengan total luas lahan 4 hektare, masjid ini dapat menampung sekitar kurang lebih 25.000 jamaah.

 

 

 

 

Penulis: Ivan
Editor: Rumbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − one =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Popular Post

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top