Mengenal Istilah Niqabah | SWARAKEPRI.COM
Uncategorized

Mengenal Istilah Niqabah

Salah satu istilah yang sering digunakan di kawasan Timur Tengah ialah niqabah.

Mengutip “Mausuat as-Siyasah” karya Abdul Wahab al-Kiyali, merujuk pada sejumlah kamus bahasa Arab, makna dari niqabah ialah kepemimpinan.

Karenanya, pemimpin sebuah komunitas disebut dengan naqib. Bisa juga rais ataupun ‘aqid. Kata niqabah digunakan untuk menyebut sebuah perkumpulan atau organisasi.

Namun, biasanya kapasitasnya tidak terlalu besar. Misalnya, klub dokter atau pengajar. Dari perkumpulan ini, kerap muncul wadah yang lebih besar lagi, seperti rabithah, jamiyah, atau ittihad.Sebagaimana organisasi, niqabah juga memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

Organisasi ini, biasanya dibentuk sebagai forum dan wadah perundingan dan negosiasi. Terutama mempertahankan hak dan kepentingan para anggotanya. Baik menyangkut sosial, politik, dan ekonomi.

Mereka melakukan tekanan terhadap pemerintah. Meliputi legislatif dan eksekutif. Inggris disebut-sebut sebagai negara pertama yang mengakui legalitas serikat pekerja. Ini terjadi pada 1871.

Menurut Ensklopedi Oxford Dunia Islam Modern karya John El Esposito, niqabah merupakan kata Arab kontemporer yang umum digunakan untuk menunjukkan perhimpunan orang-orang yang mencari nafkah dengan mempraktikkan profesi yang sama atau profesi dalam sektor ekonomi yang sama.

Seperti syndicat dalam bahasa Prancis, istilah ini mencakup beragam pekerjaan dari profesi didikan universitas, seperti dokter atau ahli hukum, perajin, pekerja terampil, dan karyawan industri.

Niqabah dapat merujuk pada cabang atau ranting serikat pekerja serta tingkat perhimpunan yang lebih tinggi. Tetapi, pada umumnya tidak digunakan untuk tingkat koordinasi institusional tertinggi dari banyak cabang atau ranting bawahannya. Tingkat itu biasanya dirujuk di Amerika Serikat sebagai serikat internasional, sering disebut ittihad dalam bahasa Arab.

Penggunaan kata niqabah untuk “perhimpunan profesional” dalam makna umum tampaknya dimulai pada akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20. Perhimpunan kerajinan, sebelumnya dirujuk dengan istilah tha’ifah dan di Mesir perhimpunan bantuan informal disebut jam’iyah.

Niqabah tampaknya sering digunakan untuk menandai organisasi yang lebih formal dengan tingkat pengabdian yang lebih tinggi dari anggotanya dan wewenang lebih besar yang diberikan kepada pengurusnya.

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + seventeen =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top