Menguak Misteri Penerbitan IMB Hotel Kuning (1) | SWARAKEPRI.COM
INVESTIGASI

Menguak Misteri Penerbitan IMB Hotel Kuning (1)

IMB yang diterbitkan BPM-PTSP Kota Batam/FOTO : Dok. SWARAKEPRI.COM

BATAM – Izin Mendirikan Bangunan(IMB) Hotel “New Hai Hai” atau belakangan akrab disebut Hotel Kuning yang diterbitkan oleh Badan Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu(BPM-PTSP) Kota Batam masih menjadi polemik bagi masyarakat.

Berdasarkan data yang diperoleh SWARAKEPRI.COM, BPM-PTSP Batam menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan(IMB) Gedung tanggal 27 Agustus 2015 dengan nomor KPTS.535/IMB/BPMPTSP-BTM/VIII/2015, atas nama/pemilik PT Surya Mentari Abadi.

Dalam IMB tersebut disebutkan bahwa jenis bangunan gedung untuk Jasa/Hotel 7 lantai + atap dek sebanyak 1 unit, dengan lokasi bangunan gedung di jalan pembangunan Blok VI Batam.

Sebelum IMB diterbitkan BPM-PTSP, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda) Kota Batam menerbitkan surat Advice Planning Nomor 146/050/Bappeda.FP/IX/2014 tanggal 05 September 2014 menjawab surat Direktur PT Surya Mentara Abadi Nomor 06/SMA/BTM/IX/2014 tanggal 2 September 2014.

Dalam surat Advice Planning tersebut disebutkan bahwa berdasarkan aspek rujukan spasial dan mengacu kepada Perpres Nomor 87 tahun 2001 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Batam,Bintan, Karimun, lokasi sebagaimana tertuang dalam Penetapan Lokasi(PL) Nomor 24.23.20034276.G1.C1 tanggal 27 Juli 2004 atas nama PT Surya Mentari Abadi yang berlokasi di Kecamatan Lubuk Baja adalah merupakan kawasan dengan peruntukan pemukiman kepadatan tinggi yang berdasarkan peraturan perundang-undangan di bidang kehutanan masih ditetapkan sebagai Hutan Lindung (HL/B1).

Disebutkan juga bahwa Zona B1 merupakan zona dengan karakteristik yang mempunyai kualitas daya dukung yang tinggi, kualitas pelayanan prasarana dan sarana yang tinggi, serta bangunan gedung intensitas tinggi secara vertikal yang pengembangannya dilaksanakan melalui pembangunan kawasan permukiman skala menengah dan skala besar pada kawasan siap bangun.

Selanjutnya, arahan peraturan zonasi pada kawasan B1 dapat dilakukan kegiatan penunjang berupa fasilitas pemerintah, pendidikan, pelayanan kesehatan, perbelanjaan, tempat ibadah, rekreasi, dan kebudayaan, olah raga, lapangan terbuka, RTH dan kegiatan lain yang tidak menggangu fungsi permukiman kepadatan tinggi.

Sedangkan kegiatan yang tidak diperbolehkan meliputi kegiatan industri, pertambangan dan kegiatan lain yang mengganggu fungsi permukiman kepadatan tinggi. Untuk itu rencana kegiatan jasa dapat dikembangkan pada kawasan pemukiman (diperbolehkan bersyarat) sepanjang keberadaannya tidak mengganggu fungsi kawasan permukiman.

Selanjutnya disebutkan bahwa terkait dengan lokasi yang berada pada kawasan dengan dominasi peruntukan permukiman, dalam pembangunan jasa Hotel yang akan dilakukan agar tidak mengganggu fungsi kawasan permukiman.

Dalam advice planning tersebut juga disebutkan perlu dilakukan kajian teknis yang komprehensif dalam perencanaan maupun pelaksanaan kegiatan antara lain terkait dengan analisa kebutuhan dan kelayakan kegiatan hotel pada kawasan, kelayakan struktur dan fasilitas bangunan yang ada dalam menjamin keandalan, keamanan, keselamatan bangunan hotel dan kenyamanan pengguna serta dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan.

Berkenaan dengan lokasi yang berada pada jalur lalu lintas utama yang cukup padat, perlu dilakukan kajian kelayakan lalu lintas agar kegiatan yang direncanakan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kelancaran lalu lintas di Jalan Pembangunan.

Baca Juga : Tata Cara Pengurusan IMB Dan Proses IMB

Setelah terbitnya surat advice planning Bappeda Kota Batam tanggal 5 September 2014 tersebut, pada tanggal 25 September 2015 Badan Pengendalian Dampak Lingkungan(Bapedal) Kota Batam menerbitkan Rekomendasi UKL-UPL nomor 192/BAPEDAL/REKOM/UKL-UPL/IX/2014 kepada PT Surya Mentari Abadi terkait kegiatan jasa perhotelan “New Hai Hai” yang beralamat di Jalan Raya Nagoya Blok VI Nomor 1, Kelurahan Lubuk Baja Kota, Kecamatan Lubuk Baja, Batam.

 

RED/ Bersambung

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − eight =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top