Napi Mengamuk, Lapas Labuhan Ruku Rusuh | SWARAKEPRI.COM
Headlines

Napi Mengamuk, Lapas Labuhan Ruku Rusuh

MEDAN – swarakepri.com : Ratusan narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan(Lapas) Ruku, Sumatera Utara mengamuk dan membakar ruangan yang ada dilapas, Minggu(18/8/2013) sekitar pukul 17.00 WIB.

Akibat kerusuhan yang berlangusung cukup cepat tersebut para narapida berhasil kabur dengan melompati pagar tembok yang ada di lapas. Jumlah korban dan napi yang kabur sampai saat ini belum bisa dipastikan oleh Kemenkumham.

“Beberapa penghuni melarikan diri dengan melompat pagar tembok lapas. Namun belum diketahui jumlah pasti yang melarikan diri,” kata Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kemkumham Akbar Hadi Prabowo.

Menurut Akbar kronologis kerusuhan Lapas Labuhan Ruku, Sumut, terjadi sekitar pukul 17:00 WIB. Beberapa warga binaan secara spontan menerobos pos pengamanan dan menyerang petugas serta membakar ruang Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) dan ruang registrasi.

“Saat itu petugas jaga berjumlah 6 orang dan ada bantuan keamanan dari polres dua orang. Sampai saat ini masih ada dua orang petugas di dalam blok belum dapat diketahui keadaannya,” ujarnya.

Dikatakannya Lapas Labuhan Ruku yang berada di Kabupaten Batubara, Sumut, dihuni oleh 867 penghuni, dengan kapasitas sekitar 300 orang.

Sejauh ini pihak lapas masih melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian, TNI, dan pemadam Kebakaran. Pihaknya masih mendalami penyebab kerusuhan terjadi.

“Namun lokasi lapas letaknya cukup jauh dan butuh waktu sekitar 45 menit dari Polres ke Lapas,” tandasnya.(red/SP)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 2 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top