Nikmatnya Kopi Sanger Khas Aceh di “Bintang Kopi” | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Nikmatnya Kopi Sanger Khas Aceh di “Bintang Kopi”

Barista sedang meracik kopi (foto : roni rumahorbo)

BATAM – Namanya kopi Sanger, mungkin nama kopi yang satu ini belum cukup familiar di kalangan umum, namun kopi ini sudah sangat melekat bagi warga Aceh.

Kopi Sanger yang merupakan kopi khas dari Banda Aceh diracik dari perpaduan antara Kopi Robusta maupun kopi Arabika yang dicampur dengan sedikit susu kental manis.

Terus kenapa namanya jadi kopi sanger?? Nama sanger diambil dari kata “sama-sama ngerti”.

Nah, nama tersebut muncul dulu ceritanya ada sekelompok mahasiswa yang sedang ngopi di kedai, tapi salah seorang dari mereka meminta sedikit campuran susu kental manis, dan ternyata rasanya makin nikmat.

“Ya, maklum lah bang, kalau mahasiswa tu kan budget pas-pasan jadi tambah sedikit susu aja, biar “sama-sama ngerti” lah bang,” ujar Manager Operasional Bintang Kopi, Faizal Murdani, Selasa (28/3).

Seiring berjalannya waktu, pelanggan pelanggan semakin banyak yang meminta kopi dengan campuran sedikit susu kental manis, dan akhirnya kopi tersebut semakin familiar di semua kalangan.

Tapi menurut Faizal kejadian tersebut sudah bertahun-tahun yang lalu, dan lama kelamaan kopi sanger semakin “ngehits” di semua kalangan.

Produk Kopi asal Aceh (foto : roni rumahorbo)

Kopi sanger terdiri dari beberapa varian dan harga yang terjangkau, yakni kopi sanger mini seharga Rp 6000 dan sanger ukuran biasa seharga Rp 8000, dan kopi sanger dingin juga ada, tentunya harga lebih mahal sedikit.

Faizal menambahkan, kelebihan dari kopi sanger ini karena perpaduan antara kopi dan sedikit susu kental manis tersebut.

“Jadi rasa kopi dan susunya seimbang, tidak terlalu manis dan tidak terlalu pahit,” jelasnya.

Untuk biji kopi sendiri didatangkan langsung dari Aceh dan penyajiannya berbeda dari yang lainnya yakni biji kopi tersebut ditumbuk dulu lalu direbus, setelah itu disaring sebelum disajikan.

Selain kopi sanger, Bintang Kopi juga menyajikan beberapa kopi lainnya dengan rasa yang khas dari Acehh, dan ada juga makanan pendamping khas tanah rencong seperti Timpang, Bingkang Ubi Bingkang Tepung dan masih banyak lagi makanan pendamping lainnya.

Anda penasaran? Tidak usah jauh-berangkat ke Banda Aceh, cukup datang ke Bintang Kopi yang beralamat di Jln. Raja Ali Kelana, Batam Kota. Tepatnya di dekat Kampus UNIBA.

 
Penulis : Roni Rumahorbo

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 5 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top