Nurkhalis Diprediksi Lolos ke Senayan | SWARAKEPRI.COM
POLITIK

Nurkhalis Diprediksi Lolos ke Senayan

Nurkhalis saat bertemu dengan warga (foto : Rio)

PAYAKUMBUH – Salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal pemilihan Sumatera Barat, Nurkhalis diprediksi banyak pihak bakal menduduki satu dari 4 jatah kursi senator untuk periode 2019-2024 mendatang.

Prediksi tersebut cukup beralasan, karena Nurkhalis merupakan satu-satunya calon anggota DPD RI dari Luak Limopuluah atau sebutan lain untuk Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Sehingga, calon senator nomor urut 38 tersebut berpeluang besar meraup suara terbanyak dan membawanya untuk menduduki kursi DPD RI mendatang.

“Luak Limopuluah merupakan basis Nurkhalis dan beliau adalah satu-satunya calon DPD dari Luak Limopuluah tersebut. Ada sekitar 350 ribu lebih pemilih di Luak Limopuluah ini. Sehingga, dengan suara sebanyak itu sangat berpeluang mengantarkan Nurkhalis ke kursi DPD di Pemilu 17 April mendatang,”terang Yudilfan Habib tokoh Luak Limopuluah, Kamis (21/2/2019) siang.

Di kancah perpolitikan Sumbar terutama di Luak Limopuluah, Nurkhalis bukan orang baru lagi. Putra kelahiran Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota itu sudah mengaalami pahit dan manisnya dalam berpolitik. Pada Pemilu 2014 silam, aktifis yang bergerak pada sektor pertanian itu juga pernah mencalonkan diri untuk DPRD Sumbar.

Namun, karena kalah tipis dengan kompetitor satu partai saat itu, sehingga nasib untuk menduduki kursi di DPRD Sumbar belum berpihak pada dirinya.
Usai Pemilu 2014, Nurkhalis disibukkan dengan aktifitas pertanian. Seperti edukasi pertanian, memberikan penyuluhan dan bantuan pertanian kepada masyarakat. Tak hanya di Limapuluh Kota, melainkan merambah ke berbagai kota dan kabupaten di Sumbar.

Selain sibuk bertani, pada 2015 lalu, Nurkhalis juga sukses mengantarkan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota.
Pergerakan masif dan pasti yang dilakukan Nurkhalis dengan ribuan petani saat itu, membawa berkah untuk kemenangan pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan.

Ketika ditanya alasannya maju menjadi senator, Nurkhalis mengatakan bahwa ia maju untuk kesejahteraan petani Sumbar.

“Saya adalah keluarga tani, hidup dari petani, berteman dengan petani dan dibesarkan dari hasil pertanian. Pertanian tidak bisa melupakan. Saya tahu bagaimana kehidupan petani dan karena itu juga saya hadir dalam memperjuangkan petani untuk menuju kehidupan yang sejahtera,”terang Nurkhalis disela-sela reses anggota DPD RI Herman Darnel Ibrahim di Limapuluh Kota pada Rabu (20/2/2019) malam.

Ketua Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Sumbar itu mengaku selama ini tidak hanya bergerak di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota saja, melainkan hadir untuk seluruh petani yang ada di Sumbar.

“Bagi saya, petani itu sama dan semuanya harus diperjuangkan agar kehidupan mereka yang jauh lebih makmur lagi,” jelasnya.

Berdasarkan data pemilih di Luak Limopuluah yang diperoleh dari masing-masing KPU, untuk Kota Payakumbuh terdapat sebanyak 88.849 pemilih yang tersebar di 341 TPS dan di Kabupaten Limapuluh Kota terdapat 265.161 pemilih yang tersebar di 1256 TPS. Dan digabung untuk Limopuluah terdapat sebanyak 354.010 pemilih yang tersebar di 1.597 TPS.

Apabila tingkat partisipasi pemilih di Pemilu 2019 yang ditarget KPU sebesar 77,5 persen tercapai, sehingga total suara pemilih Luak Limopuluah diprediksi sebanyak 274 ribu lebih. Dan suara itu lah berpeluang sebagai basis mengantarkan Nurkhalis ke kursi DPD RI.

 

 

Penulis : Rio

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − eight =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top