OJK Kepri Sebut Banyak Perusahaan Lokal yang Belum Terdaftar di BEI | SWARAKEPRI.COM
KEPRI

OJK Kepri Sebut Banyak Perusahaan Lokal yang Belum Terdaftar di BEI

Kasubbag Pengawasan Pasar Modal OJK perwakilan Kepulauan Riau, Adim Imanudin/foto : Tatang hidayat

BATAM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Kepri mencatat jumlah investor pasar modal Kepulauan Riau semakin bertambah dari waktu ke waktu, namun masih sedikit perusahaan lokal yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Dalam 5 tahun terakhir, perkembangan pasar modal Kepri cukup baik, terutama dari sisi investor, di tahun 2016 saja nilai transaksi pasar modal yang dimiliki investor Kepri Mencapai 3,4 Triliun dalam 1 tahun, dan di bulan Juni (1 bulan) 2017 mencapai 100 miliar transaksi (saham) yang diperjual-belikan masyarakat Kepri,” kata Kasubbag Pengawasan Pasar Modal OJK perwakilan Kepulauan Riau, Adim Imanudin, Kamis (10/8).

Dia menambahkan, hingga bulan Juni, investor di Kepulaun Riau telah mencapai angka 5.100 yang terdaftar.

Namun, dia menyayangkan pertumbuhan Investor di Kepri lantaran tidak berjalan seimbang dengan bertambahnya jumlah perusahaan lokal yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Dari sisi permintaan sudah banyak, sedangkan dari sisi Supplay (perusahaan yang menerbitkan saham) Kepri masih sedikit, sangat disayangkan perusahaan Batam dan Kepri belum memanfaatkan fasilitas pendanaan dari pasar modal, sedangkan investor-nya sudah cukup lumayan, tahun lalu saja nilai transaksinya lebih dari 3 triliun,” ujarnya.

Ia berharap, perusahaan lokal bisa mencari alternatif pembiayaan melalui pasar modal dan memilih langkah terbuka informasi ke publik.

“Sebenarnya Febuari lalu kita sudah sosialisasi ke perusahaan bagaimana cara listing atau melakukan penjualan saham di Bursa Efek Indonesia, cuma memang masih belum banyak yang antusias mencari dana melalui pasar modal, saya harap perusahaan mengambil langkah lebih terbuka, saya rasa sudah saatnya perusahaan mau berbagi dengan pihak yang lain melalui pasar modal,” terangnya.

Seperti diketahui, hanya ada 3 perusahaan berdomisili di Kepulauan Riau yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, diantaranya adalah PT. Sat Nusa Persada, PT. Citra Tubindo dan Hotel Goodway.

 

 

 

Penulis  : Tatang Hidayat

Editor    : Roni Rumahorbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top