Pembangunan Infrastruktur di Hinterland Mulai Terlihat | SWARAKEPRI.COM
POLITIK

Pembangunan Infrastruktur di Hinterland Mulai Terlihat

BATAM – Pembangunan infrastruktur wilayah kepulauan (hinterland) Batam mulai menggeliat dengan adanya program Pembangunan Infrastruktur Kelurahan (PIK), sehingga berimbas terhadap peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Sekarang pembangunan wilayah pulau mulai menggeliat semenjak adanya program PIK, masyarakat memberikan apresiasi besar adanya program tersebut,” kata Anggota DPRD Batam Komisi IV, Suardi Tahirek saat dilansir dari HALUANKEPRI.COM, Minggu (11/6).

Dikatakannya, program ini merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat pulau, dimana selama ini belum tersentuh secara merata akan fokus pembangunan infrastruktur Pemko Batam, padahal masih banyak ruang publik yang seharusnya dibangun oleh pemerintah.

“Sebelum ada program PIK masyarakat pulau tidak merasakan penggalakan pembangunan oleh Pemko Batam, sebab hanya mendapatkan sekitar 2 persen dari anggaran yang ada,” ujarnya.

Dilanjutkannya, fokus dana PIK dipergunakan untuk melakukan pembangunan jalan dan pelantar, dimana dalam pengerjaannya melibatkan masyarakat setempat, sehingga lebih tepat sasaran karena mereka bisa menentukan sendiri mana kebutuhan paling mendesak.

“Galang, Bulang dan Belakangpadang pembangunan sekarang sudah merata, ketika saya turun masyarakat menyampaikan bahwa manfaat PIK sangat luar biasa,” ucapnya.

Dia menilai, apabila pembangunan infrastruktur dilakukan diwilayah pulau maka secara otomatis ekonomi kerakyatan akan meningkat, pasalnya akses lebih dipermudah sehingga bisa mengurangi cost masyarakat sendiri, dan terpenting adalah bagaimana sentuhan Pemko Batam terhadap kebutuhan masyarakat.

“Melihat dampak program PIK ini, kita akan mengusulkan anggaran yang akan diberikan kepada Kelurahan lebih ditingkatkan lagi, dimana sebelumnya Rp1 miliar akan menjadi Rp1,25 miliar pada tahun anggaran 2018/2019,” tutupnya.

(RED/HK)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − four =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top