Pemko Batam Mulai Pasang CCTV Hari Ini | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Pemko Batam Mulai Pasang CCTV Hari Ini

KADISKOMINFO BATAM SAAT MENJELASKAN MODEL CCTV YANG DIPASANG DI 20 LOKASI WILAYAH KOTA BATAM/FOTO: RONI RUMAHORBO

BATAM – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informasi mulai hari ini akan memasang CCTV.

Pemasangan CCTV ini dimulai dari lokasi yang terdekat ke server, yakni atap kantor Wali Kota dan dilanjutkan ke simpang lampu merah Kantor Kejaksaan dan Pos Kantor DPRD Batam.

Kadis Kominfo Kota Batam, Salim mengatakan, pemasangan CCTV ini merupakan komitmen Pemko Batam untuk mendukung Batam menjadi salah satu kota yang aman dan meminimalisir kemungkinan terjadinya tindak kriminal.

“Seperti yang dikomitkan Wali Kota, bahwa Batam akan menjadi Kota Wisata maka dibangun CCTV di lokasi yang rawan dan mudah-mudahan tindak kejahatan akan berkurang,” kata Salim di Lantai 7 Kantor Wali Kota Batam, pada Kamis (14/9).

Dia menjelaskan, pemasangan CCTV dibagi menjadi 4 bagian, mulai dari pemasangan tiang CCTV, instalasi listrik dan panel CCTV, langganan link CCTV dan pengadaan peralatan  CCTV.

“Jumlah CCTV ada 36 buah, terdiri dari kamera dom yang mana jenis kamera ini bisa memonitor hingga 360 derajat, sedangkan kamera jenis fix hanya satu arah tapi bisa zoom hingga 30 kali dan ditempatkan di 20 lokasi,” terangnya.

Ia mengungkapkan, seluruh peralatan CCTV yang didatangkan dari Amerika ini sudah tiba di Batam dan saat ini sedang proses konfigurasi peralatan.

“Setelah konfigurasi peralatan CCTV selesai, dilanjutkan dengan pemasangan di 20 lokasi tersebar dan Ruang Kontrol CCTV, target kita akan selesai pada akhir bulan September ini,” ujarnya.

Menurutnya, 20 lokasi penempatan kamera CCTV tersebut sudah sesuai hasil rapat dengan Polda Kepri, Polresta Barelang dan SKPD/OPD Pemko Batam.

Salim juga menjelaskan, pihaknya  akan memasang CCTV mulai dari yang terdekat, yakni mulai dari atap kantor Wali Kota, simpang lampu merah Kejaksaan, Pos Satpol DPRD, gerbang selatan Engku Puteri, gerbang utara Engku Puteri, Bundaran Madani, simpang kuda Sei Panas, depan Nagoya Plaza, depan Pasar Induk, jalur lambat Sukajadi, depan Perumahan Casablanca, Pura Bali Sei Ladi, simpang Tiga Sei Ladi, tanjakan Southlink, simpang Pelabuhan Domestik Sekupang, depan Perumahan Delta Villa Tiban Koperasi, Mata Kucing, depan SP Plaza Batu Aji, depan Pelabuhan Punggur dan yang terakhir pertigaan Sambau.

“Untuk lokasi ruang kontrol sendiri berada di lantai 8 Kantor Wali Kota Batam, yang bersebelahan dengan Call Center,” tutupnya.

 

Penulis : Roni Rumahorbo

Editor   : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top