Pemkot Payakumbuh Gelar Bazar Buku Murah, Ini Jenis Buku yang Paling Laris | SWARAKEPRI.COM
DAERAH

Pemkot Payakumbuh Gelar Bazar Buku Murah, Ini Jenis Buku yang Paling Laris

Pemkot Payakumbuh Gelar Bazar Buku Murah sejak tanggal 10 Januari 2018 hingga tanggal 10 Februari 2018/Foto : Rb

PAYAKUMBUH – Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar Bazar Murah untuk ribuan jenis buku yang diterbitkan oleh PT Toko Buku Media Mandiri sejak tanggal 10 Januari 2018 hingga tanggal 10 Februari 2018 mendatang.

Bazar ini akan berlangsung di halaman kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan disamping gedung DPRD Kota Payakumbuh. Berbagai jenis buku umum dan pelajaran bisa ditemukan pada bazar ini.

Untuk harga, Dinas Kearsipan mematok setiap buku dari harga Rp 5.000 hingga Rp 55.000. selama enam hari bazar ini berjalan, ribuan buku sudah habis terjual.

“Sampai sekarang, buku yang paling laris itu buku novel dan agama. Mayoritas yang membeli dari kalangan mahasiswa,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Payakumbuh, Zulinda Kamal, Rabu (16/1/2019) di ruang kerjanya.

Linda mengatakan, selama kegiatan bazar, pihak PT Toko Buku Media Mandiri akan selalu menyanggupi permintaan dan kebutuhan buku yang diminta oleh Pemko dan masyarakat Payakumbuh. Termasuk untuk request buku yang diinginkan dan buku tersebut tidak terlihat dari deretan buku yang terpajang selama bazar. Pastinya, harga tetap murah dan tidak dikenai ongkos kirim.

“Dua hari kemarin persediaan buku menipis dan langsung kami hubungi TB Media Mandiri. Alhamdulillah hanya satu hari ribuan buku sudah datang ke Payakumbuh. Kami usahakan stok buku selalu stabil. Bahkan sampai saat ini, sudah dua kali ditribusi buku tambahan dari TB Media Mandiri di Jakarta,” kata Linda.

Dijelaskan bahwa dalam bazar ini, sasarannya tidak lain kalangan umum. Sebab, buku-buku yang dijual murah ini kelak bisa dijadikan oleh masyarakat sebagai bahan awal atau tambahan untuk pustaka rumah atau instansinya. Kelak, budaya membaca akan terbangun seperti penyebaran virus di lingkungan masyarakat itu sendiri.

Pasalnya, kemajuan teknologi yang membiasakan masyarakat untuk membaca buku dari Hp Android bisa hanya akan membuat kebiasaan individualism. Termasuk merusak kesehatan akjibat radiasi teknologi. Sedangkan membaca buku akan lebih sehat dan membuat pengolahan data dalam otak bekerja maksimal.

“Hal tersebut sudah ada penelitiannya dari akademisi internasional. Bahwa lebih baik membaca dari buku dari pada di HP atau computer,”ucap Linda.

Ditambahkan bahwa pengunjung bisa datang ke bazar setiap hari karena program ini buka setiap hari. Jam kerja pada hari Senin-Jumat dibuka pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka pada pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB.

 

 

Penulis : Rio

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top