Pengurus Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Karimun Dilantik | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Pengurus Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Karimun Dilantik

Pembina Utama Perhimpunan Melayu Raya Kepri, Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah foto bersama dengan pengurus dan anggota yang baru dilantik serta tamu undangan lainya yang hadir, Jumat (7/12/2018) di Tanjung Balai Karimun. (Foto/Hasian Sinaga)

Karimun – Pengurus Organisasi Kemasyarakatan Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) resmi dilantik, Jumat (7/12/2018) di Kantor Sekertariatnya di Jalan Raja Oesman, Kapling Tanjung Balai Karimun. Pelantikan dipimpin langsung oleh Pembina Utama Perhimpunan Melayu Raya yang juga Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah.

Paarizal, Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan dalam laporanya menyampaikan bahwa pengurus dan anggota yang akan dilantik berjumlah 35 orang. Pelantikan mengangkat tema “Tiada Hari Tanpa Teman Baru. Ditambahkan, acara pelantikan, disejakankan dengan peresmian Warung Meneer yang juga sebagai Kantor Sekretariat Melaya Raya Tanjung Balai Karimun.

Yan Fitri, Pembina Utama Perhimpunan Melayu Raya Kepri mengatakan bahwa perhimpunan Melayu Raya, didominasi okeh anak-anak muda dari berbagai suku, agama, ras dan golongan. Perhimpunan ini, lahir dari kerinduan anak-anak Kepri akan suasana yang aman, damai dan sejuk.

“Perhimpunan Melayu Raya, sambungnya, merupakan Ormas perhimpunan yang notabenenya mengakomodasi semua kelompok untuk bergabung dan bersama-sama memberikan kontribusi bagi masyarakat maupun pemerintah,” ungkapnya.

Dijelaskan, Perhimpunan ini terbentuk dilatarbelakangi pemikiran sekaligus sebuah solusi dalam rangka menciptakan suatu perubahan sosial baik dalam tataran kehidupan bermasyarakat, berorganisasi serta dalam rangka menjaga Empat Pilar harga mati bangsa ini, yaitu, NKRI, UUD 1945, Pancasila dan Kebhinnekaan.

Untuk itu, diharapkan agar Perhimpunan Melayu Raya dapat menjadi garda terdepan dalam menciptakan rasa aman, damai di wilayah perbatasan Indonesia. Mengingat Kepri adalah wilayah perbatasan yang bertetanggan langsung dengan 4 Negara. Artinya, Perhimpunan ini didirikan agar nilai-nilai kearifan lokal menjadi perekat bagi semua anak bangsa di Kepri.

“Kepri ini miniatur Indonesia. Semua hidup rukun dengan perekat bahasa Melayu, tidak melihat suku, agama, ras dan golongan. Semuanya tergabung dalam tatanan persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

Kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kepri H Isdianto menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi berdirinya Perhimpunan Melayu Raya yang anggotanya tidak hanya dari suku Melayu saja. Tetapi juga dari suku-suku lainnya yang ada di Kepri. Perhimpunan ini tentunya sebagai wadah mempererat persatuan dan kerukunan masyarakat Kepri yang heterogen.

.Muhammad Firdaus, Ketua Perhimpunan Melayu Raya Karimun yang baru dilantik mengatakan, akan mengemban amanah, tugas dan tanggungjawab yang telah dipercayakan kepada dirinya dan seluruh pengurus maupun anggota. Dengan itu, tentunya akan mengedepankan fungsi-fungsi sosial dan budaya Melayu dalam menjalankan roda organisasi.

“Kita akan memberikan contoh yang baik kepada generasi-generasi muda. Mengenalkan bagaimana adat istiadat Melayu, seperti upacara adat kelahiran, perkawinan, gurindam 12, pantun dan bahasa Melayu baku atau lama,” tutur Firdaus.

Pelantikan dan peresmian Warung Meneer itu, turut dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq, Bupati Bintan Apri Sujadi, Ketua DPD PDIP Provinsi Kepri Soerya Respationo, FKPD dan OPD Kepri maupun Karimun, Pimpinan dan Anggota DPRD Kepri dan Karimun, Organisasui Kemasyarakatan dan Kepemudaan Kabupaten Karimun dan tamu undangan lanya. (Hasian)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 1 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top