Penjual Tongkat Sihir Harry Potter Tutup Usia | SWARAKEPRI.COM
FILM

Penjual Tongkat Sihir Harry Potter Tutup Usia

Foto: AFP PHOTO / POOL / Steve Parsons

JAKARTA – Sementara etnis Tionghoa tengah merayakan Imlek, Hollywood dan dunia perfilman Inggris berduka. Salah satu aktornya, John Hurt meninggal dunia dalam usia 77 tahun.

Kabar itu sudah dikonfirmasi langsung oleh Charles McDonald, publisis bintang The Elephant Man dan Alien itu, Sabtu (28/1). Hurt sendiri meninggal pada Jumat (27/1) kemarin. Tidak diketahui apa penyebab meninggalnya.

Namun Daily Mail memberitakan, sang aktor kelahiran Derbyshire pernah menderita kanker pankreas pada Oktober 2015. Namun setelah dilarikan ke rumah sakit dengan keluhan sakit usus itu, Hurt masih tampil di produksi West End dari The Entertainer.

‘Membangkang’ dari saran dokter ternyata membuatnya lebih menderita. Hurt kembali sakit usus, dan akhirnya dipaksa mundur dari kegiatannya di West End, Juli lalu.

Hurt, putra seorang pendeta, pertama dikenal lewat perannya di Alien (1979). Salah satu adegan ikonisnya adalah saat ada makhluk luar angkasa meledak keluar dari dadanya. Itu terjadi saat karakter yang dimainkan Hurt tengah makan siang di kapal luar angkasa.

Ia dilatih untuk menjadi pelukis, namun banting setir menjadi pemain peran setelah diterima di Royal Academy of Dramatic Art, sekitar tahun 1960-an. Ia lalu lebih banyak berakting di layar kaca. Lebih dari enam dekade ia berkarya di sana.

Hurt juga pernah muncul di film Harry Potter, menjadi Mr. Ollivander si penjual tongkat. “I wonder,” demikian perkataan ikonisnya, saat memilihkan tongkat untuk Harry muda, yang ternyata ‘isinya’ sepasang dengan musuh bebuyutannya, penyihir jahat Lord Voldemort. Terakhir, Hurt bermain sebagai pendeta di Jackie, biopik tentang Jacqueline Kennedy.

Ia termasuk aktor yang hobi bekerja meski usianya sudah senja. “Saya mendukung opini bahwa bekerja lebih baik daripada tidak bekerja,” katanya, seperti dikutip IMDb dan CNN.

Hurt tidak setuju dengan prinsip aktor yang menunggu ‘hal yang tepat’ untuknya. Bukan berarti ia mengambil semua pekerjaan. Banyak juga yang tak dikerjakannya karena menurutnya itu ‘sampah.’ Namun, ia mengaku selalu menemukan hal menarik untuk dilakukan di kariernya.

Kini setelah benar-benar bekerja sampai akhir hayatnya, meninggalnya Hurt mendapat simpati dari banyak selebriti di media sosial. Aktor Kiefer Sutherland menulis, “Simpati terdalam saya untuk keluarga John Hurt, kawan dan penggemar. Dia teman yang baik.” lanjutnya.

Aktor muda Elijah Wood pun tak ketinggalan. “Sangat sedih mendengar meninggalkan John Hurt. Sungguh merupakan sebuah kehormatan bisa melihat Anda berakting, Sir,” tulisnya.

Pemeran Captain America, Chris Evans juga menyampaikan ucapan dukanya. “John Hurt adalah salah satu aktor yang paling berenergi, pemurah dan tak perlu berupaya keras untuk menjadi bagus, yang pernah bekerja sama dengan saya. Orang yang luar biasa. Anda akan dirindukan.” sambungnya.

Film-film Hurt selain yang disebut di atas, termasuk A Man for All Seasons (1966), Midnight Express (1978), The Elephant Man (1980), dan History of the World: Part I (1981).

Hurt pernah dua kali menjadi nomine Oscar, memenangi satu penghargaan Golden Globes, dan empat BAFTA Awards. Setelah kematiannya, seluruh media sosial Hurt langsung ditutup.

Sumber : CNN INDONESIA

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top