Penyebab Berat Badan Pria Bertambah Pasca Menikah | SWARAKEPRI.COM
KESEHATAN

Penyebab Berat Badan Pria Bertambah Pasca Menikah

ilustrasi/foto : Ist

JAKARTA – Setiap pria ingin memiliki badan yang ramping dan atlletis. Oleh karena itu, tidak jarang banyak pria yang rutin berolahraga untuk mempertahankan bobot tubuhnya. Tapi, mengapa bentuk tubuh ideal para pria seakan sirna setelah menikah dan memiliki anak?

Peneliti dari Northwestern University Feinberg School of Medicine menemukan, pria yang tinggal bersama anaknya mengalami kenaikan berat badan rata-rata hampir 2 kg setelah menjadi ayah untuk pertama kalinya. Bahkan ayah yang tidak tinggal bersama anaknya juga mengalami kenaikan berat badan sekitar 1,5 kg.

Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan indeks massa tubuh (body mass index/BMI) sebesar 2,6 persen untuk ayah yang tinggal bersama anak-anak mereka dan 2 persen untuk ayah yang tidak tinggal bersama anaknya.

Beberapa hal lain yang menjadi penyebab seorang pria mengalami kelebihan berat badan pasca menikah antara lain :

1. Perubahan gaya hidup.
2. Terlalu berfokus pada keluarga, sehingga lupa mengurus diri sendiri.
3. Kebiasaan makan yang berubah.

Untuk itu sangat dianjurkan bagi Anda para pria untuk tetap menjaga bentuk tubuh meskipun telah menikah dan memiliki anak. Karena semakin bertambah berat badan Anda dan BMI lebih tinggi, maka Anda lebih berisiko terkena penyakit yang mengancam jiwa, seperti jantung, diabetes, bahkan kanker.

 
Editor : Roni Rumahorbo

Sumber : 1health.id

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top