Peresmian Tipe A Polda Kepri, Kapolri : Tantangan terhadap Bangsa Semakin Dinamis | SWARAKEPRI.COM
NASIONAL

Peresmian Tipe A Polda Kepri, Kapolri : Tantangan terhadap Bangsa Semakin Dinamis

Kapolri Jenderal Tito Karnavian/foto : roni rumahorbo

BATAM – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia(Kapolri), Jenderal M.Tito Karnavian mengatakan bahwa tantangan terhadap bangsa Indonesia akan semakin dinamis karena dampak dari situasi global, regional dan nasional yang bisa mempengaruhi tingkat keamanan.

Hal tersebut diungkapkan Tito saat memberikan sambutan saat upacara penyerahan Bendera Pataka Polda Kepri dalam rangka peresmian peningkatan Tipe Polda Kepri menjadi tipe A, Jumat (20/1/2017) pagi di lapangan upacara Mapolda Kepri.

Tito mengatakan tantangan di Kepri akan meningkat, selain menjadi salah satu tujuan kerja dan lain-lain, Kepri juga wilayah perbatasan yang berbatasan dengan negara-negara tetangga. Dan bukan hanya dinamika dalam negeri yang di waspadai tapi juga dinamika luar negeri dengan adanya konflik di laut cina Selatan antara Cina dan negara lain.

“Apalagi nanti ada pergantian kekuasaaan di Amerika dari Demokrat ke Republik, ini juga tentu akan ada konsekuensi kebijakan luar negeri yang tentunya berdampak kepada wilayah laut cina selatan. Untuk itu TNI juga akan mengembangkan kekuatan di Natuna, dan diharapkan Natuna akan menjadi salah satu sentra ekonomi di wilayah tersebut,” Kata Tito.

Untuk itu lanjut Tito, Polri yang bertugas untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, memelihara kamtibmas dan sekaligus menegakkan hukum khususnya di dalam negeri, perlu untuk menyikapinya dengan melakukan pengembangan-pengembangan dan peningkatan kapasitas termasuk diantaranya adalah pengembangan susunan organisasi dan tata kerja di lingkungan kepolisian.

“Mari kita lihat perkembangan yang ada, beberapa Polda mengalami tantangan yang cukup meningkat, untuk itu pada tahap pertama sudah kita bentuk Polda baru yaitu Polda Sulawesi Barat. Selain itu, Polri juga telah meningkatkan daerah tipe dari tipe B menjadi Tipe A yakni Polda Lampung, Polda Kepri dan Polda Riau,” terangnya.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian Periksa Pasukan saat upacara peresmian Tipa A Polda Kepri

Kapolri Jenderal Tito Karnavian Periksa Pasukan dalam upacara peresmian Tipa A Polda Kepri,Jumat(20/1/2017) pagi/foto : Roni Rumahorbo

Tito meminta peningkatan dari tipe B menjadi tipe A juga harus disertai dengan perbaikan kinerja baik itu di bidang pelayanan publik profesional dalam penegakan hukum, pemeliharaan kamtibmas.

“Kamtibmas harus lebih baik di Kepri dan juga tentunya perbaikan kualitas karakter di tiap-tiap personil. Nanti secara bertahap tentunya akan kita sesuaikan peningkatan kapabilitas, baik di bidang logistik maupun di bidang lain, sesuai kemampuan keuangan negara termasuk alokasi budget kepada polri,” Terangnya.

Seiring dengan peningkatan tipe menjadi tipe A, Tito juga meminta supaya seluruh jajaran di Polda Kepri untuk meningkatkan kinerja, kemampuan, dan pelayanan kepada publik.

“Seluruh jajaran di Polda Kepri harus menunjukkan kepada publik bahwa Peningkatan Tipe Polda Kepri ada bedanya ke arah yang jauh lebih bagus, dan saya titip pesan kepada Kapolda dan jajaran tolong kelola Polda Kepri agar lebih dicintai masyarakat dengan naiknya tipe tersebut,” tegasnya.

 

Roni Rumahorbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top