Perhatikan Literasi Media, Prodi Ilmu Komunikasi UPB Bahas Perilaku Milenial di Era Digital | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Perhatikan Literasi Media, Prodi Ilmu Komunikasi UPB Bahas Perilaku Milenial di Era Digital

BATAM – Pemahaman tantang literasi media dan pendidikan politik bagi para milenial menjadi perhatian khusus bagi Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam (UPB).

Melihat besarnya jumlah generasi milenial di Indonesia saat ini terutama yang masuk dalam kategori pemilih pemula dalam kontestasi politik. Prodi Ilmu Komunikasi UPB memberikan perhatian dalam bentuk seminar nasional yang bertajuk Literasi Media dalam Politik : Perilaku Pemilih Pemula di Era Digital.

Guru besar Sosiologi Komunikasi Universitas Ciputra Surabaya, Prof.Dr.H.M.Burhan Bungin, M.Si, mengungkapkan bahwa, perilaku pemilih pemula tercermin dalam perilaku aktivitasnya di internet atau sosial media.

Meski generasi milenial ini memiliki tingkat kebahagiaan paling tinggi diantara generasi yang lain, namun menurut pemaparan Burhan, ternyata milenial juga memiliki sisi negatif.

“Secara umum generasi milenial ini memiliki tingkat kegalauan atau keraguan yang tinggi. Termasuk dalam pilihan politik,” jelas Burhan saat menyampaikan materi seminar tentang perilaku milenial di era digital, di Aula UPB, Batam Sabtu, (16/1/2019).

Burhan juga menyinggung soal besarnya jumlah milenial dan pemilih pemula yang mencapai lebih dari separuh jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Indonesia.

Jumlah ini kemudian menjadi sasaran bagi para politikus untuk menjaring suara milenial melalui kampanye-kampanye politik melalui sosial media.

“Jumlah DPT seluruh Indonesia sekitar 185 juta orang. Sementara jumlah milenial dan pemilih pemula ini mwncapai lebih dari 100 juta suara,” terang dia.

Munurut Burhan, yang paling penting dan harus diperhatikan bagi milenial adalah soal bahaya penggunaan gadget dan teknologi digital.

“Saat ini, milenial menganggap bahwa dunia internet sebagai dunia nyata. Maka harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas di internet. Salah-salah bisa kena pelanggaran hukum,” katanya mengingatkan.

Dosen UPB, Dr. Razaki Persada, S.E, M.Si, narasumber dalam seminar nasional tersebut juga menyoroti persoalan isu-isu yang menjadi trending pada pemilu serentak 2019 ini.

Dari berbagai isu yang dipaparkan, isu agama, menurutnya menjadi isu paling banyak menjadi perhatian masyarakat selama tahun politik 2018 kemarin. Isu tersebut banyak dijumpai di beranda-beranda sosial media juga berita-berita media massa.

Tak kalah menarik, isu klasik setiap pemilu di gelar yaitu money politik. Menurut mantan ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau itu, money politik menjadi persoalan yang selama ini selalu terjadi saat pelaksanaan pemilu.

“Masalah-masalah yang masuk kategori pelanggaran pemilu ini menjadi domain penyelenggara pemilu. Yang dalam hal ini dilakukan oleh Bawaslu,” jelas Razaki.

Lebih jauh pria yang juga pernah menjabat sebagai ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam selama dua periode itu mengajak para peserta seminar agar menggunakan hak pilihnya pada pemilu 17 April 2019 mendatang. “Jangan golput. Gunakan hak suara kita,” pintanya kepada peserta seminar.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UPB, Ageng Rara Cndoswari, S.P., M.Si, menjelaskan bahwa seminar nasional ini merupakan kegiatan rutin akademik yang digelar secara berkala prodi ilmu komunikasi.

Hal ini dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran untuk menjawab tuntutan era revolusi industri 4.0. Pasalnya sangat penting bagi mahasiswa untuk memiliki wawasan yang luas serta kajian keilmuan yang up to date.

Sehingga Prodi Ilmu Komunikasi, lanjutnya, konsisten mengangkat isu dan fenomena sosial kontempoter untuk di kupas bersama-sama para pakar.

“Melalui penyelenggaraan seminar ini, semoga generasi milenial bisa menjadi pemilih yang cerdas dalam berpolitik dan bermedia sosial,” tutupnya.

 

 

 

 

Penulis : Abidin
Editor    : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top