Peserta Capacity Building BI Kepri Berkunjung ke Museum Bank Indonesia | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Peserta Capacity Building BI Kepri Berkunjung ke Museum Bank Indonesia

Pemandu Wisata museum Bank Indonesia, Aji menjelaskan salah satu tahapan proses pembuatan uang pada zaman dahulu kepada para peserta capacity building Kantor perwakilan wilayah BI provinsi Kepulauan Riau/foto: ivan

JAKARTA-Kegiatan Capacity Building BI Kepri sudah menginjak hari terkakhir.
20 wartawan Kepri yang jadi peserta dalam kegiatan tersebut diajak berkunjung ke Museum Bank Indonesia, di Jakarta Barat, Sabtu (21/09/2019).

Ketika masuk ke dalam gedung yang dulunya menjadi tempat De Javasche Bank (DJB) atau bank sirkulasi yang didirikan Pemerintahan Hindia Belanda pada 24 Januari 1828 itu, pengunjung langsung disuguhi beberapa patung atau manekin yang sedang melakukan aktivitas di bank.

Pemandu Wisata Museum BI, Aji menjelaskan secara detail tiap-tiap ruangan yang ada di dalam gedung museum kepada para peserta capacity building sebanyak 20 orang itu.

“Para pengunjung sekalian, ini adalah ruangan pertama yaitu DJB bank yang didirikan oleh Hindia Belanda pada 24 januari 1828,” ujarnya sambil menunjukkan beberapa gambar bangunan DJB bank pada masa lampau.

peserta capacity building Kehumasan KPW Bank Indonesia Provinsi Kepri berfoto bersama di depan gedung museum Bank Indonesia, Jakarta/foto: ivan

Selain menampilkan kisah bagaimana aktivitas perbankan saat masa pemerintahan Hindia Belanda. Di museum ini juga para pengunjung bisa melihat koleksi uang kuno yang dimiliki museum ini mulai dari zaman kerajaan Nusantara, uang kolonial, uang pada zaman penjajahan Belanda, Jepang, hingga uang yang digunakan masyarakat Indonesia saat kemerdekaan.

“Ini adalah tahap pertama pada zaman dahulu jika akan mencetak uang, jadi dilukis terlebih dahulu gambar uangnya,” lanjutnya, sambil menunjukkan replika lukisan yang ada di atas meja yang dilapisi kaca.

Aji menambahkan, setiap harinya para pengunjung museum BI bisa mencapai seribu orang, dan melonjak hingga dua ribu lebih saat akhir pekan.

“Kalau akhir pekan pengunjung museum bisa mencapai dua ribu, bahkan juga bisa lebih,” pungkasnya.

Gedung berarsitektur Eropa ini berdiri kokoh di Jalan Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta Barat. Bagi anda yang ingin berkunjung ke sini tidak perlu khawatir, hanya dengan membeli tiket seharga 5 ribu anda bisa mengelilingi seluruh bagian dari museum dengan dipandu oleh seorang pemandu wisata museum. Dan bagi para pelajar dan mahasiswa gratis untuk masuk ke dalamnya tanpa harus memilih ticket terlebih dahulu.

Museum Bank Indonesia buka pukul 08.00- 15.30 WIB mulai Selasa hingga Jumat, dan buka hingga pukul 16.00 WIB pada Sabtu & Minggu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: Ivan
Editor: Rumbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top