Pesta Wirausaha 2016 di Engku Putri Resmi Dibuka | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Pesta Wirausaha 2016 di Engku Putri Resmi Dibuka

Warga mengunjung stand pameran Pesta Wirausaha di Engku Putri /Foto : Dawen

BATAM – Pameran Pesta Wirausaha 2016 di Alun-alun Engku Puteri, Batam Center resmi di buka, Sabtu sore (19/11/2016). Warga terlihat ramai mengunjungi stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) kota Batam.

Pameran yang ke-4 kali dilangsungkan di Batam ini diselenggarakan oleh Komunitas Tangan Di Atas (TDA) bekerja sama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kepri dan diikuti oleh ratusan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di kota Batam. Kali ini akan digelar sejak tanggal 19-20 November 2016 mendatang.

Pameran yang mengusung tema “UKM Go Digital” ini, juga menggunakan pembayaran secara non tunai bagi para pengunjung yang ingin bertransaksi.

Salah satu panitia, menjelaskan bahwa pengunjung harus memiliki Kartu Uang Elektronik, yang nanti digunakan dalam bertransaksi, hal ini merupakan salah satu cara menggalakan Gerakan Nasional non tunai.

Dalam transaksi pembelian barang, pengunjung akan mendapatkan nota dari stand penjual. Kemudian pembeli cukup menggesek kartu yang digesek ke mesin EDC (Electronic data capture) sesuai dengan bank yang digunakan. Pengunjung kembali akan mendapatkan struk yang nantinya di pakai sebagai bukti sah pembayaran untuk pengambilan barang.

“Nanti Tenan (penjual) akan memberikan 2 nota putih dan pink, lalu pengunjung ke stand Bank untuk melakukan pembayaran e-money. Bank akan mengeluarkan lagi 2 struk, dengan menunjukkan struk tersebut tenan akan memberikan barang yang kita beli tadi” jelas salah satu panitia kepada pengunjung.

Ratusan stand para pelaku usaha UMKM di kota Batam tampak ramai pengunjung dengan menjual produk-produk unggulan yang beraneka-ragam. Berbagai aksesoris, souvenir, makanan dan minuman serta berbagai jajanan khas dari hasil olahan para UMKM di kota Batam.

 

VERDAWEN MARGOTE

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − eight =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top