PN Batam Komitmen Berantas Narkoba | SWARAKEPRI.COM
HUKRIM

PN Batam Komitmen Berantas Narkoba

Ketua Pengadilan Negeri Batam Aroziduhu Waruwu/rudi

Aro : Semua Hakim boleh Tangani Perkara Narkoba

BATAM – Ketua Pengadilan Negeri Batam, Aroziduhu Waruwu mengaku memiliki komitmen dalam pemberantasan narkoba. Hal ini mengingat jumlah kasus narkoba saat ini mendominasi perkara yang ditangani di Pengadilan Negeri berstatus Kelas IA ini.

“Kita komitmen dalam penegakan hukum kasus narkoba,” tegasnya kepada swarakepri.com, Jumat(28/8/2015) seusai acara pengambilan sumpah dan pelantikan Wahyu Prasetyo Wibowo sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Batam.

Untuk mewujudkan komitmen ini, Aro yang baru menjabat akhir Juli 2015 lalu mengaku akan melakukan diskusi dengan Hakim yang ada tentang bahaya narkoba.

“Kita akan selalu diskusi dengan hakim tentang bahaya narkoba, agar bisa memberikan hukuman kepada terdakwa narkoba sesuai dengan perbuatannya,” ujarnya.

Ketika disinggung apakah ada kemungkinan membentuk majelis hakim tetap khusus untuk menangani perkara narkoba di Pengadilan Negeri Batam, Aro mengatakan semua Hakim yang ada bisa menangani perkara narkoba.

“Semua hakim boleh menangani kasus narkoba,” tegasnya.

Selain pemberantasan narkoba, Aro juga mengaku berkomitmen untuk membenahi jadwal persidangan di Pengadilan Negeri Batam yang selama ini sering molor karena baru dimulai pada siang hari.

“Kita usahakan sidang sejak pagi, kita akan koordinasi dengan Jaksa,” jelasnya.

Saat ini kata Aro, pihaknya telah menyiapkan sistem aplikasi online untuk memudahkan Jaksa, Panitera, Hakim dan para pihak yang berperkara untuk mengetahui jadwal sidang setiap hari.

“Kita sedang siapkan aplikasinya, mudah-mudahan secepatnya sudah bisa digunakan,” jelasnya.

Menurutnya dengan sistem aplikasi online tersebut, nantinya akan dipasang layar di ruang lobby Pengadilan Negeri Batam untuk menampilkan jadwal sidang per hari.

“Jaksa dan para pihak yang berperkara harus lapor ke petugas piket. Dari petugas piket nantinya langsung online ke panitera dan hakim. Diruangan panitera dan hakim nanti akan dipasang monitor,” terangnya.

Selain itu Aro juga mengaku akan mengoptimalkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara(SIPP) yang ada, untuk memberikan transparansi kepada masyarakat terkait perkara yang sedang ditangani Pengadilan Negeri Batam.

“Kita selalu ingatkan panitera untuk memasukkan setiap perkara kedalam sistem,” jelasnya.

Aro juga mengaku akan mengecek setiap perkara yang sedang ditangani di Pengadilan Negeri Batam. “Saya sudah tugaskan pegawai untuk mengecek setiap perkara yang sedang ditangani,”pungkasnya.(red/rudi)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top