Polres Karimun Gelar Simulasi Sispamkot Pemlu 2019 | SWARAKEPRI.COM
Headlines

Polres Karimun Gelar Simulasi Sispamkot Pemlu 2019

Tim pengamanan Sispamkot Pemlu 2019 saat melakukan blokade keamanan pengurai massa pada simulasi, Senin (31/12/2018) di Coastal Area Tanjung Balai Karimun. (Foto/Istimewah)

Karimun – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2018, Kepolisian Resor (Polres) Karimun menggelar simulasi Sitem Pengamanan Kota (Sispamkot), Senin (31/12/2018) di Coastal Area Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Simulasi Sispamkot jelang Pemlu 2019 itu, turut dihadiri dan disaksikan Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Karimun.

Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya S.I.K mengatakan, simulasi yang digelar merupakan pelatihan atau simulasi untuk memastikan kesiapan dan kekuatan tim personil Sispamkot Pemlu 2019. Peningkatan fungsi teknis dan taktis. Sehingga tim yang bertugas saat pengamanan sudah faham fungsi dan tugasnya masing-masing.

Baik yang bertugas di Kantor Komisi Pemilihan Umun (KPU), kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun yang bertugas TPS (Tempat Pemungutan Suara yang ada di seluruh Kabupaten Karimun. Untuk TPS-TPS di Pulau Karimun Besar, sambung Hengky, pihaknya akan diperkuat oleh personil Polda Kepri.

“Sedangkan untuk TPS-TPS di luar Pulau Karimun Besar atau Pulau-pulau lainya se-Kabupaten Karimun akan dibantu oleh personil dari Polsek-Polsek diwilayah hukum masing-masing,” ujarnya.

Dijelaskan, pegelaran simulasi itu juga bertujuan agar seluruh personil yang bertugas lebih siap jika nantinya terdapat kerusuhan, tindakan anarkis atau gangguan saat pemilu 2019 mendatang.oleh masyarakat ataupun para pemilih maupun pendukung yang tidak terima dan tidak puas dengan hasil Pemilu.

Dalam simulasi itu, tampak diadegankan massa yang datang sambil berorasi ditemui oleh tim negosiator dari KPU . Kemudian massa masuk ke kantor KPU untuk berdiskusi. Namun saat mediasi atau diskusi yang digelar tersebut menemui jalan buntu yang membuat massa emosi dan kehilangan kesabaran.

Selnjutnya massa yang datangpun mulai melakukan tindakan kekerasan atau anarkis dengan melakukan pelemparan batu dan air mineral ke Kantor KPU tempat seawal dilakukan mediasi. Melihat hal itu, pihak KPU langsung berkoordinasi dengan pihak keamanan. Pasukan pengamanan anti huru hara yang berseragam lengkap langsung melakukan formasi dengan barisan benteng untuk menghadang massa yang emosi.

Namun massa yang emosi tetap memaksa berusaha untuk menerobos benteng barisan dengan menendang timeng para pasukan pengaman yang meminta agar Ketua KPU memberikan penjelasan terkait kekalahan calon yang diusung. Tindakan tegas pun dilakukan.oleh tim pengamanan personel dalmas gabungan personil Brimob Polda Kepri dengan tembakan peringatan dan water canon untuk mendesak agar massa mundur.

Dalam adengan itu, juga tampak tim pengurai massa (raimas) personil Polres Karimun berusaha membubarkan massa dengan tembakan gas air mata. Tidak butuh waktu lama,vtim keamananpun berhasil membubarkan massa dan massa yang sudah terurai pun perlahn membubarkan diri.

Melihat itu, Kapolres Karimun dan tamu undangan lainya yang turut hadir memberikan applus atau tepuk tangan yang meriah kepada personil tim satuan pengamanan Pemilu 2019. Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengucapkan terimakasih apresiasi kepada seluruh tim dan jajaran Polres Karimun dan Sat Brimob Polda Kepri.

“Mari kita tunjukkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun bahwa kita siap memberikan rasa aman, nyaman, damai, sejuk dan Kamtibmas kondustif,” pungkas Hengky. (Hasian)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 18 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top