Polresta Barelang Siapkan Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru | SWARAKEPRI.COM
HUKUM

Polresta Barelang Siapkan Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru

Rapat koordinasi pengamanan natal dan tahun baru 2017/foto : SISKA

BATAM – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2017, Polresta Barelang terus memantapkan persiapan personil untuk mengamankan wilayah Kota Batam.

Apel Gelar Pasukan sedianya akan digelar pada hari Jumat, 23 Desember 2016 mendatang. Namun, sebelum itu dilaksanakan, Kapolresta Barelang Kombes Pol Helmy Santika mengadakan konsolidasi awal melalui rapat koordinasi pengamanan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Kamis (15/12/2016).

“Rapat dilakukan karena beberapa perayaan Natal sudah dilakukan sebelum 25 Desember 2016,”terang Kombes Pol Helmy Santika.

Nantinya, rangkaian kegiatan ibadah Natal umat Nasrani akan berlangsung pada 24-25 Desember 2016. Tak hanya itu, dalam perayaan Tahun Baru 2017 juga akan dilaksanakan ibadah menyambut Tahun Baru 2017 pada 31 Januari 2016 dan 1 Januari 2017.

Pasukan yang akan turut terlibat mengamankan di titik-titik lokasi perayaan, terdiri dari Polisi, TNI, Satpol PP dan Senkom Mitra Polri.

“Kita jaga Batam agar tetap aman, nyaman dan kondusif dan kita wujudkan Batam sebagai Indonesia mini yang bisa dijadikan contoh bahwa keberagaman itu indah,” tegas Helmy.

Pengamanan ini tidak hanya dilakukan di tempat ibadah, tetapi juga di kawasan wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan dan bandara. Khusus pengamanan di pelabuhan dan bandara, Polisi akan bekerjasama dengan Imigrasi dan Bea Cukai Batam.

“Polisi akan melakukan Operasi Lilin Seligi dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017,” ungkap Kasat Intel Polresta Barelang Kompol Irham Halid.

Tambahnya, beberapa kasus seperti ledakan petasan yang menyebabkan satu korban jiwa di Bengkong pernah terjadi dalam perayaan Tahun Baru 2015 silam. Tidak hanya itu, pada tahun 2000 juga pernah terjadi permasalahan intoleransi beragama dan tahun ini ada dua kasus penolakan pendirian rumah ibadah.

Kasus-kasus ini perlu diwaspadai agar tidak terulang kembali dan menimbulkan gangguan Kamtibmas dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 di Batam.

Polresta Barelang akan mendirikan 4 titik Pos Pelayanan di Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Harbour Bay, Pelabuhan Punggur dan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Demi menjaga keamanan agar tetap kondusif, Polresta Barelang juga membentuk 3 titik Pos Pengamanan, antara lain di Nagoya Hill, Batam Center dan Jembatan 1 Barelang.

 

Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top