Proyeksi Pendapatan Kota Batam 2020 Sebesar Rp2,854 Triliun | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Proyeksi Pendapatan Kota Batam 2020 Sebesar Rp2,854 Triliun

Foto : dok.swarakepri

BATAM-Pendapatan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam tahun 2020 diproyeksikan sebesar Rp 2,854 triliun. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad dalam paripurna penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggara (KUA) Kota Batam tahun 2020 di Kantor DPRD Kota Batam, Senin (17/6/2019).

“Rencana pendapatan sebesar Rp 2.854.223.229.019,79 ini berasal dari pendapatan asli daerah yang ditargetkan sebesar Rp 1.384.978.640.365,19 (Rp1,384 triliun),” kata Amsakar.

Sementara untuk dana perimbangan ditargetkan sebesar Rp 1,146 triliun, lain-lain pendapatan yang sah Rp 267,263 miliar, penerimaan daerah dari sisi pembiayaan diperkirakan Rp 55 miliar.

Dalam hal Kebijakan penerimaan pembiayaan Kota Batam Tahun 2020 adalah merupakan sisa kas daerah di bank. Disamping itu penerimaan pembiayaan juga digunakan untuk menutupi defisit anggaran belanja.

Sedangkan mengenai kebijakan perencanaan belanja daerah secara umum, arah kebijakan yang dilakukan baik untuk Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung secara rinci telah dijelaskan pada Rancangan KUA Kota Batam Tahun 2020. Termasuk juga mengenai penjelasan Kebijakan pembangunan daerah, kendala yang dihadapi, serta strategi dan prioritas pembangunan daerah.

“Begitu juga untuk rincian belanja daerah Kota Batam Tahun 2020 telah dimasukkan dalamRancangan Kebijakan Umum APBD Kota Batam Tahun 2020,” ujarnya.

Amsakar mengatakan rancangan prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) tahun 2020 disusun berdasarkan
Rancangan Akhir RKPD Kota Batam Tahun 2020. Antara lain memuat Pendahuluan, Rencana Pendapatan dan Penerimaan Pembiayaan Daerah, Prioritas Belanja Daerah, Plafon Anggaran Sementara Berdasarkan Urusan Pemerintahan dan Program/ Kegiatan, serta Rencana Pembiayaan Daerah.

Penyusunan rancangan PPAS dalam upaya mencapai Visi “Mewujudkan Kota Batam sebagai Bandar dunia Madani yang berdaya saing, Maju, Sejahtera dan Bermartabat” sebagaimana diamanatkan dalam RPJMD Kota Batam, memperhatikan prioritas pembangunan Kota Batam Tahun 2020 yang difokuskan pada hal-hal sebagai berikut:

1. Pembangunan dan Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana Infrastruktur dan utilitas, pengendalian banjir, dan kebersihan  di Kota Batam, dalam rangka meningkatkan kualitas Kota Batam sebagai Kawasan destinasi investasi.

2. Peningkatan Kualitas SDM melalui Peningkatan Kualitas Mutu Serta Pelayanan Pendidikan, Kesehatan, dan Ketenagakerjaan.

3. Peningkatan Sarana dan Prasarana Transportasi.

4. Peningkatan Pengembangan Kepariwisataan, Fasilitas Investasi dan Promosi Dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian dan Daya Saing Kota Batam.

5. Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat.

6. Pembinaan, Pengendalian dan Penertiban Kawasan yang Tidak sesuai dengan Peruntukan Fasos, Fasum, dan ROW.

7. Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Pemerintah dan Optimalisasi Teknologi Informasi dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat dan Penyelenggaraan Pemerintahan yang Baik.

“Secara rinci penjelasan mengenai  Rencana Pendapatan dan Penerimaan Pembiayaan Daerah, Prioritas Belanja Daerah, Plafon Anggaran Sementara Berdasarkan Urusan Pemerintahan dan Program/Kegiatan, serta Rencana Pembiayaan Daerah tersebut dapat dilihat dalam Rancangan PPASAPBD Kota Batam Tahun 2020,” kata Amsakar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini disadur dari https://mediacenter.batam.go.id/2019/06/17/pendapatan-202-diproyeksikan-sebesar-rp-2854-triliun/

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top