Puluhan Penyandang Disabilitas Netra Ikut Pelatihan Komputer | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Puluhan Penyandang Disabilitas Netra Ikut Pelatihan Komputer

Puluhan Penyandang Disabilitas Netra ikut Pelatihan Komputer, Sabtu(20/5)/Foto : Tatang Hidayat

BATAM – Puluhan penyandang disabilitas tuna netra Kota Batam mengikuti pelatihan Komputer yang di Swiss Belhotel, Penuin, Batam, Sabtu(20/5). Mereka dilatih oleh Panti Sosial Bina Netra “Wyata Guna” asal Bandung.

Para penyandang disabilitas Tuna netra diajarkan cara menggunakan program komputer seperti mengoperasikan Microsoft word, Microsoft Excel, memperkenalkan pengunaan mesin pencari google dan cara menggunakan Web dengan menggunakan komputer bicara atau screen reader untuk mempermudah peserta dalam mempelajari penggunaan komputer.

Asep, Pembantu Ketua Tim Panti Sosial Bina Netra menjelaskan kegitan ini merupakan program Pelayanan Penjangkauan (Out Reach) Rehabilitas Sosial Luar Panti yang dilakukan Panti Sosial Bina Netra yang merupakan satuan kerja dari Kementerian Sosial RI.

“Kita diamanatkan untuk pelayanan kegiatan diluar Panti selain pelayanan dalam panti. Ini program Out Reach dimana kita akan melakukan pelayanan dan program diluar wilayah kerja untuk disabilitas netra yang ada di wilayah lain, selain kegiatan yang sudah berkembang seperti pijat dan sebagainya, kita akan mengembangkan IT-nya seperti pelatihan Komputer.”

Dia menambahkan kegiatan ini merupakan upaya permulaan untuk daerah-daerah yang menjadi tujuan program agar dapat melanjutkan kegiatan ini melalui Dinas Sosial Provinsi dan panitia daerah.

“Kita ini sebagai perangsang, tahap ini adalah pemula. Selanjutnya kita serahkan ke dinas sosial provinsi, saya rasa ini harus dilanjutkan, mereka yang dilatih sudah pegang alat dan mempunyai pedoman, jika ini dilanjutkan ini akan meningkatkan kemampuan mereka,” ujarnya.

Arawni, instruktur Komputer Bicara yang juga penyandang Disabilitas Netra, menjelaskan bahwa peserta yang sudah bisa akan direkomendasikan ke perusahaan atau bank yang membutuhkan jasa disabilitas.

Sementara itu, Iwan salah satu peserta yang mengikuti pelatihan juga berharap kegiatan ini terus berlanjut dan berharap di Batam juga mempunyai pelatihan seperti ini.

“Alangkah bagusnya ada seperti ini, apalagi yang bergerak adalah orang Batam sendiri, selain disabilitas netra kan juga ada yang lain, diberikan perhatian, dibina dan diberikan tempat agar bisa mandiri” ucapnya.

Selain diberikan Pelatihan komputer dan penggunaan komputer, peserta disabilitas Netra juga diberikan Laptop berbasis Screen Reader, agar dapat mempelajari kembali setelah selesai kegiatan yang dilakukan pada tanggal 15-22 Mei 2017.

Pelatihan ini diikuti 20 penyandang disabilitas terdiri dari 14 laki-laki dan 6 perempuan.

 

 

Penulis   : Tatang Hidayat

Editor     : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 14 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top