Raih Juara I Nasional, Kampung Toga Tebing Gelar Syukuran | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Raih Juara I Nasional, Kampung Toga Tebing Gelar Syukuran

Bupati Karimun bersama Kadis Kesehatan, Camat, Lurah dan Pembina serta anggota Asuhan Mandiri tanaman obat Kampung Toga, foto bersama, Minggu (2/12/2018) di Karimun. (Foto/Hasian Sinaga)

Karimun – Raih penghargaan Juara 1 Lomba Asuhan Mandiri tanaman obat-obatan se-Indonesia, kelompok asuhan mandiri Kunyit Asam Kampung Toga Kampung Harapan Kelutahan Harjosari Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menggelar acara syukuran, Minggu (2/12/1018). Acara syukuran itu, dihadiri Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Penghargaan yang diterima dan diserahkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Moeloek di Kota Solo baru-baru ini, menjadi salah kebanggan dan prestasi gemilang yang diraih Kabupaten Karimun, khususnya Kecamatan Tebing di tingkat nasional, dibidang Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Dalam sambutanya, Bupati berharap dengan penghargaan yang diterima, bisa menjadi motivasi bagi Ibu-ibu kader-kader dari posyandu, PKK dan kelompok Kunyit Asam dan yang lainya lebih termotivasi dan semangat dalam melaksanakan aktifias-aktifiasnya dalam penanam tanam-tanaman obat-obatan.

Sehingga nantinya tanaman obat-obatan tersebut, bisa dikonsumsi sendiri, keluarga, lingkungan maupun masyarakat sekitar untuk kesehatan Selain itu, tentunya nantinya bisa menjadi pendapatan ataupun penghasilan tambahan bagi keluarga. Karena saat ini, tanaman-tanaman obat-obatan ini telah banyak diolah atau diramu menjadi jamu kesehatan.

“Jamu racikan dari sini juga telah dipasarkan atau dijual online di rumah kreatif kita. Sebagianya juga telah dipasarkan ke kantor-kantor pemerintahan dan kantor Bupati dalam bentuk kemasan,” paparnya.

Pemasaran-pemasaran yang dilakukan saat ini, sambungnya, tidak lain ialah untuk memasyarakatkan bahwa tanaman obat-obatan tersebut bisa dikonsumsi oleh masyarakat untuk kesehatan. Karena, kesehatan adalah harta yang paling berharga. Didalam keluarga yang sehat, hakikatnya keluarga yang sejahtera.

“Dalam hal ini, Pemerintah Daerah akan melakukan pembinaan-pembinaan-pembinaan melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas. Karena ini ranahnya Kecamatan, kita percayakan kepada Kecamatan untuk melakukan pembinaan,”ungkap Rafiq.

Meskipun dana yang diberikan tidak dengan jumlah yang besar, tetapi diyakini bisa mencapai kemaksimalan. Karena dengan adanya dorongan swadaya dari kebersamaan dan semangat yang kuat, inilah yang menjadi tolak ukur dan indikator penilaian yang sangat baik dari tim penilaian.

“Bukan tidak bisa dilaksanakan dengan anggarab APBD. Namun dengan keswadayaan yang melekat ditengah masyarakat untu mengali indikator-indikator dalam kebersamaan, dengan kekompakan dan pengorbanan didalam sebuah kelompok, inilah yang menjadi nilai terbesar.” tambahnya.

Namun dalam konteks ini, tambahnya lagi, rentunya tidak dalam waktu yang singkat. Tetapi bituh waktu yang panjang dan pengorbanan yang cukup lumayan. Sehingga mereka bisa meraih keberhasilan pada hari ini.

“Selamat dan sukses dan tetap pertahankan, tingkatkan prestasi dan keberhasilan ini. Agar kedepan dapat lebih baik dan sukses lagi,” pungkas Rafiq.

Acara syukuran atas penghargaan tingkat nasional tersebut, turut dihadiri Kadis Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi, Kabag Humas Pemkab Karimun, Didi Irawan, Camat dan Lurah se-Krcamatan Tebing, Pembina dan anggota Kelompok Kampung Toga Asuhan Mandiri serta tamu undangan lainya (Hasian)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top