Raja Belanda Minta Maaf atas Penjajahan Masa Lalu – SWARAKEPRI.COM
NASIONAL

Raja Belanda Minta Maaf atas Penjajahan Masa Lalu

foto: Istimewa

JAKARTA-Raja Belanda Willem Alexander menyampaikan permintaan maaf dan penyesalan Pemerintah Belanda kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Raja Willem menyesal atas penjajahan dan penyiksaan yang pernah dilakukan Belanda terhadap rakyat Indonesia.
Seperti diketahui, Belanda sempat menjajah Indonesia selama lebih dari 3,5 abad.

“Sejalan dengan pernyataan pemerintahan saya sebelumnya, saya ingin menyampaikan rasa penyesalan dan permintaan maaf saya atas kekerasan saat penjajahan di masa pemerintahan Belanda dahulu,” ujar Raja Willem di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

Willem menyadari, kesedihan masyarakat Indonesia yang menjadi korban penjajahan di masa lampau masih terasa hingga saat ini. Kendati demikian, menurutnya, hubungan Indonesia dengan Belanda harus berlanjut secara positif.

“Mudah-mudahan kedua negara yang dulu sempat berseteru saat ini mampu tumbuh bersama dan membangun hubungan berdasarkan sikap saling menghormati, percaya, dan persahabatan,” kata Raja Willem.

Sedangkan, Presiden Jokowi berbicara soal 75 tahun jelang peringatan kemerdekaan RI dan siap mempererat hubungan dengan Belanda.

“Kunjungan baginda akan dicatat oleh sejarah sebagai kunjungan yang bersahabat, produktif, menatap masa depan, tanpa harus melupakan sejarah masa lalu,” ujar Jokowi.






Sumber: Detik.com

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top