RDP Lahan Bengkong Telaga Biru, Ini Penjelasan Ketua DPRD Batam | SWARAKEPRI.COM
DPRD BATAM

RDP Lahan Bengkong Telaga Biru, Ini Penjelasan Ketua DPRD Batam

BATAM – Puluhan warga RT 01 dan 06 RW 18 Bengkong Telaga Biru diundang Ketua DPRD Batam Nuryanto untuk menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) terkait persoalan lahan tempat mereka diami selama ini dengan pemilik lahan, BP Batam, BPN dan stakeholder lainnya, Selasa (20/2/2019).

RDP ini bertujuan untuk mengetahui keabsahan kepemilikan lahan serta solusi untuk pihak perusahaan sebagai pemilik PL (pengalokasian lahan) dengan masyarakat setempat.

Dalam pertemuan penuh kekeluargaan itu, disimpulkan bahwa pemilik PL adalah PT Bintang Persada Nusantara yang diperoleh dari BP Batam sejak tahun 2008. Namun masyarakat mengklaim mereka telah tinggal di lahan tersebut sejak tahun 2001 silam dan pernah meminta untuk mendapatkan PL dari BP Batam tapi tak diberikan.

Bertahun-tahun masyarakat berusaha untuk mencari solusi untuk membeli lahan tersebut dari pemilik PL tapi perusahaan belum bersedia karena harga yang ditawarkan hanya Rp 200 ribu per meternya.

Karena masyarakat ngotot untuk memiliki lahan tersebut seutuhnya, mereka lalu mengadukan hal tersebut ke DPRD Batam dan difasilitasi dalam RDP.
Nuryanto berusaha menjembatani kedua pihak untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan satu solusi yakni berusaha memfasilitasi pemilik PL agar mendapatkan lahan pengganti agar masyarakat dapat memiliki lahan yang telah sah milik PT BPN tersebut.

Suasana RDP warga Bengkong Telaga Biru dengan berbagai pihak yang dipimpin Ketua DPRD Batam Nuryanto di ruang Rapim, Selasa (20/2/2019) lalu.

“Saya akan berusaha untuk jembatani agar BP Batam mau memberikan lahan pengganti untuk PT BPN. Tapi saya minta agar semua pihak menahan diri dengan tetap menjaga suasana kondusif karena masih ada ruang untuk menyelesaikan ini,” ujar Cak Nur, sapaan akrab Nuryanto diakhir RDP tersebut.

Politisi PDI Perjuangan ini meminta BP Batam untuk prioritaskan penyelesaian masalah lahan warga Bengkong Telaga Biru agar semua pihak mendapat kepastian dan terayomi.

“Kepentingan saya adalah menyelesaikan masalah atau urusan masyarakat. Jadi sebagai wakil rakyat saya akan berusaha agar masalah ini teratasi,” pungkasnya.**

 

Berita ini telah terbit di batampos.co.id dengan judul https://batampos.co.id/2019/02/20/ketua-dprd-batam-terima-keluhan-warga-bengkong-telaga-biru/

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − five =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top