Ribuan Ayam Potong di Batam Diduga Tak Layak Konsumsi | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Ribuan Ayam Potong di Batam Diduga Tak Layak Konsumsi

Rumah Potong Ayam Illegal di Batu Aji/AMOK

BATAM – swarakepri.com : Ribuan ayam potong yang dipasarkan di wilayah Batam, Kepulauan Riau diduga tidak layak untuk dikonsumsi masyarakat karena masih mengandung antibiotik dan vitamin yang dipakai sebagai bahan perangsang pertumbuhan ayam tersebut.

Hal ini ditegaskan, salah satu peternak ayam di wilayah Tanjung Piayu, Batam bernisial Ad yang juga tergabung dalam Asosiasi Peternak Ayam Broiler Kota Batam beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan beberapa perusahaan breeding (Pengeraman, Penetasan dan Pembesaran) ayam broiler yang ada di Batam umumnya tidak memiliki izin operasional. Beberapa perusahaan inilah yang diduga kuat melakukan pemanenan ayam sebelum waktunya.

Dielaskannya ribuan ayam yang ada di lokasi peternak besar ini di besarkan dengan cara diberikan antibiotik dan vitamin agar bisa tumbuh besar dalam waktu cepat. Meski demikian, pemakaian antibiotik dan vitamin perangsang ini harus dalam waktu tertentu.

“Seharusnya, ayam yang diberikan antibiotik dan vitamin baru bisa di panen saat ayam memasuki usia 24 hari,” jelasnya.

Menurutnya fakta yang terjadi selama ini, ribuan ayam dari perusahaan breeding tersebut justru di panen sebelum waktunya.

“Mereka berani memanen saat usia ayam masih 18 sampai 20 hari. Saat itu ayam masih mengandung antibiotik dan vitamin perangsang pembesaran,” paparnya.

Ia menegaskan mengkonsumsi ayam jika dipanen sebelum waktunya sangat berbahaya bagi kesehatan karena racun sintetis yang ada pada antibiotik tersebut bisa melemahkan daya tahan tubuh manusia.

Ironisnya selama ini masyarakat Batam telah terbiasa mengkonsumsi ayam sebagai makanan sehari-hari.

Untuk diketahui, ciri – ciri ayam yang masih mengandung antibiotik dan vitamin ini adalah ukurannya yang lebih kecil di banding dengan ukuran ayam biasa pada umumnya. Ayam dengan ukuran kecil ini biasanya di sebut dengan ayam pop. (red/Tim AMOK)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 5 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top