Saat Kopi jadi Bagian dari Gaya Hidup | SWARAKEPRI.COM
GAYA

Saat Kopi jadi Bagian dari Gaya Hidup

JAKARTA – Saat ini kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat urban. Selain teh, kopi adalah minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia.

 

Selama 10 tahun terakhir industri kopi di Indonesia semakin bergairah. Produksi kopi olahan, yang dihasilkan oleh industri pengolahan kopi semakin subur.

 

Data dari LPEM UI 2013, menunjukkan konsumsi kopi domestik mencapai 1 kg/kapita/tahun. Makin maraknya kedai kopi dan kopi olahan menjadikan harganya semakin terjangkau, tanpa kehilangan kelas. Rasanya yang enak, dan aroma khasnya menjadi alasan kopi dipilih untuk segala suasana.

 

Penelitian pun membuktikan bahwa kopi mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan, jika diminum dengan benar.

 

Coffee expert Adi Taroe Pratjeka mengatakan data dari ICO (International Coffee Organization) menunjukkan, pertumbuhan peminum kopi di Indonesia berkembang pesat, bahkan lebih besar daripada dunia (6%).

 

Hal itu didasari oleh tren ngopi ke kedai kopi mahal dan menikmati kemudahan kopi di rumah tinggal. Kini terjadi perubahan usia peminum kopi.

 

“Dulu, kopi adalah minuman orang tua. Sekarang, anak muda dan remaja juga bisa menikmati kopi,” kata Adi melalui keterangan pers, Senin (7/11/2016).

 

Kini, lanjut dia, kopi dipandang sebagai minuman yang fun, bukan minuman orangtua yang serius. Peminum kopi awal biasanya memilih kopi yang dicampur gula dan creamer, yang rasa kopinya lebih halus dan manis. Dalam 10 tahun terakhir, industri kopi di Indonesia semakin bergairah.

 

Produksi kopi olahan pun makin berkembang, menawarkan kopi yang praktis tanpa kehilangan citarasa kopi asli.

 

“Ditambah lagi, kemudahan menyeduh kopi instan itu yang tidak terkalahkan,” ujar Adi.

 

Hal itu diamini oleh aktor Abimana Aryasatya. Ia mengatakan kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup jaman sekarang. Terutama bagi para pekerja kreatif, sering sekali kopi jadi teman berpikir dan memunculkan ide-ide seru. “Nyawa belum ‘ngumpul’ rasanya kalau belum ngopi,” ujarnya.

 

 

BERITA SATU

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top