Said Agil : Karimun Berpotensi Jadi Juara MTQ Kepri 2014 | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Said Agil : Karimun Berpotensi Jadi Juara MTQ Kepri 2014

KARIMUN – swarakepri.com : Mantan Menteri Agama, Said Agil mengatakan bahwa Qori dari Kalifah Kabupaten Karimun berpotensi menjadi juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kepri ke V Tahun 2014.

“Semua daerah punya potensi termasuk Karimun, ujar Said yang nantinya akan bertindak selaku Ketua Dewan Hakim MTQ Provinsi Kepri ke V yang diselenggarakan di Karimun.

Terkait kemampuan peserta dari Karimun, Said mengaku bahwa untuk tingkat anak-anak di sudah ada yang juara sampai ke tingkat nasional. Jadi tinggal dipoles lagi.

“Kemampuan yang sudah ada harus dipertahankan ditambah dengan latihan-latihan, terutama melancarkan bacaan. Jadi Al-Qur’an ini bagi yang membaca dan menghafal itu tidak bisa dipersiapkan secara instan,” ujarnya saat saat menguji kemampuan para peserta yang dari cabang tilawah tartil anak-anak dan remaja dari Karimun, Rabu(26/2/2014) di Rumah Dinas Bupati.

Menurut Said peserta yang telah disiapkan oleh kafilah Karimun sudah masuk standar, namun perlu mempersiapkan mental. Karena ketika mentalnya turun maka bacaan Al-Quran pun akan habis atau rusak semua kemampuan yang dimiliki. Seperti suara yang tidak bisa tinggi, lagu tidak bisa bermain, variasi yang hilang dan nafas pun akan pendek. Yang tentunya itu merupakan kendala yang cukup berarti.

Ketika disinggung mengenai cabang apa saja yang paling menonjol dari kafilah Karmun, Said mengaku tidak bisa melihat secara keseluruhan karena yang tampil hanya satu cabang dan itu pun tidak semua peserta dari cabang tersebut ikut.

Artinya lanjut Said Agil, kalau mendadak dipastikan tidak akan bisa sehingga butuh persiapan yang panjang. Karena disamping kemampuan bacaan ada juga kemampuan untuk mengolah lagu, mengatur suara dan nafas. itu semuanya menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.(red/HK)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top