Sambut Ramadhan, Batam Kekurangan Mubaligh | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Sambut Ramadhan, Batam Kekurangan Mubaligh

Acara Pelepasan Mubaligh Ramadhan 2017 di Asrama Haji Batam Center, Jumat (26/5)/Foto : Siska

BATAM – Ketua Persatuan Mubaligh Kota Batam (PMB) H. Zulkarnain Umar mengatakan hingga saat ini jumlah Mubaligh yang bertugas mengisi tausiah selama Ramadhan tidak sebanding dengan banyaknya Masjid dan mushalla yang ada di Kota Batam.

“Saat ini ada 900 Mubaligh yang dinilai belum cukup karena jumlah masjid atau mushalla di Batam sejumlah 1.216,” ungkap Zulkarnain saat melepas Mubaligh Ramadhan 2017 di Asrama Haji batam Center, Jumat (26/5).

Secara keseluruhan, Zulkarnain menjelaskan, bahwa jumlah anggota PMB sebanyak 1.027, tetapi yang ditugaskan memberikan tausiah selama Ramadhan sebanyak 900 Mubaligh karena sisanya sudah menjadi imam tetap di masjid.

Tak hanya itu, jumlah Mubaligh tersebut nantinya bisa berkurang pada saat libur sekolah karena mayoritas Mubaligh juga adalah guru agama.

“Sebanyak 60-70 persen Mubaligh adalah guru agama, kalau libur sekolah biasa mudik,” terang Zulkarnain.

Ia mengharapkan, para Mubaligh mengikuti jadwal yang telah ditentukan dan memberitahu PMB apabila berhalangan hadir karena mudik. Dalam hal ini, PMB juga telah menyiapkan Mubaligh cadangan sebanyak 3-5 orang Mubaligh di setiap kecamatan di Kota Batam.

Lebih lanjut, Ia berpesan agar Mubaligh menyampaikan ceramah positif kepada umat.

“Dalam menyampaikan ceramah, jangan memakai bahasa provokatif yang memecah belah umat, bahasa yang digunakan dalam ceramah juga jangan memakai bahasa parno, tidak melawak terus sepanjang ceramah dan dalam menjaga lisan juga harus mengetahui waktu, termasuk dalam memberikan khotbah Jumat,” imbuhnya.

 

 

Penulis : Siska

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 13 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top