Satgas Saber Pungli Karimun Dilantik | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Satgas Saber Pungli Karimun Dilantik

ilustrasi/foto : istimewa

KARIMUN – Bupati Karimun H Aunur Rafiq melantik satu pimpinan dan 30 anggota satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Karimun di Gedung Serbaguna Nilam Sari, Pemkab Karimun, Kamis (29/12/2016)

Pelantikan ini disejalankan dengan usai pelantikan Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun Muhd Firmansyah oleh Bupati Karimun H Aunur Rafiq atas nama Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Gedung Serbaguna Nilam Sari, Pemkab Karimun, Kamis (29/12).

Satgas Saber Pungli dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar dan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Nomor 78 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Sementara Satgas Saber Pungli Kabupaten Karimun dibentuk berdasarkan SK Bupati Karimun Nomor 598, tertanggal 27 Desember 2016.

Bupati Karimun Aunur Rafiq meminta agar semua anggota satgas dapat menjalankan tugas yang diberikan oleh negara. Ia juga berpesan untuk tidak tebang pilih setiap menjalankan tugasnya untuk memberantas pungutan liar.

“Pungutan liar itu identifikasinya jelas, tetapi ruwet. Seperti halnya, ada seseorang yang memberikan uang kepada salah seorang petugas untuk menyelesaikan administrasi, namun orang tersebut tak keberatan. Oleh sebab itu, kita imbau kepada seluruh masyarakat, bahwa pungli itu dilarang,” paparnya.

Susunan organisasi Satgas Saber Pungli Kabupaten Karimun yakni Pengendali/Penanggung jawab, Bupati Karimun H Aunur Rafiq, Ketua Pelaksana, Kompol Hari Andreas (Wakapolres Karimun), Wakil Ketua Pelaksana, Dedi Hardiman (Kepala Irwasda Pemkab Karimun. Kemudian staf ahli DR Elvis Adril (Rektor Universitas Karimun), Djunaidi (Kepala Bappeda Pemkab Karimun) dan Ketua MUI Kabupaten Karimun.

Sementara itu, anggota Satgas Saber Pungli berjumlah 30 orang terdiri dari perwakilan unsur Polres Karimun, Kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun, Kodim 033 Tanjung Balai Karimun, Lanal Tanjung Balai Karimun, Polisi Militer TNI, Pemkab Karimun, MUI Karimun serta Kampus / Universitas Karimun. Sementara Pokja Unit Intelijen diisi oleh Kasat Intelkam Polres Karimun, Pasi Intel Lanal, Pasi Intel Kodim, Kasi Intel Kejari Tanjungbalai Karimun.

Satgas juga memiliki Kelompok Kerja (Pokja) antara lain Pokja Unit Intelijen, Pokja Unit Pencegahan, Pokja Unit Penindakan dan Pokja Unit Yustisi. Satgas ini memiliki sistem kerja bersifat laporan. Satgas memiliki posko di Mapolres Karimun. Mereka juga diberikan kewenangan berupa berhak memberikan sanksi kepada pelaku pungli. Anggaran dan pembiayaan satgas dibebankan pada APBD Karimun.

Dalam Perpres, Satgas Saber Pungli bertugas untuk memberantas praktik pungutan liar secara efektif dan efisien. Caranya, dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian/lembaga atau pemerintah daerah.

Satgas itu memiliki empat fungsi, yakni intelijen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan serta yustisi. Selain itu, satgas Saber Pungli juga berwenang melakukan operasi tangkap tangan sebagaimana diatur dalam Pasal 4 huruf d.

Dengan pembentukan Satgas Saber Pungli Kabupaten Karimun , Aunur Rafiq berharap pungli dapat dibersihkan secara tuntas, sistematis dan menyeluruh sehingga kegiatan pemberantasan pungli itu akan bersifat simultan.

(RED/HK)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 18 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top