Sebanyak 37 Orang PMI Ilegal Diamankan Polda Kepri | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Sebanyak 37 Orang PMI Ilegal Diamankan Polda Kepri

PULUHAN TKI ILEGAL DIAMANKAN POLDA KEPRI

BATAM – Polda Kepri berhasil mengamankan puluhan orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal yang tiba dari Malaysia menuju Batam, pada Senin (11/3/2019) di depan halte Legenda Malaka Batam Center. 

Sebanyak 37 orang PMI yang menjadi korban diamankan petugas saat berada di dalam bus. Para PMI tersebut berada di tempat penampungan di perumahan Bukit Raya Batam Center. 

“Ada 37 orang yang diamankan sebagai korban, diantaranya 30 orang laki-laki dan lima orang perempuan,” ujar Humas Polda Kepri, Kombes Pol Erlangga, pada Selasa (12/3/2019) saat melakukan konferensi pers di ruang media centre Polda Kepri. 

Erlangga juga menambahkan, selain 37 orang yang diamankan, terdapat dua orang tersangka berinisial E dan MM  yang diamankan oleh petugas kepolisian. 

“Tersangka E dan MM yang kita amankan, mereka bertugas sebagai pengurus dan penampung para PMI tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit 4 Ditreskrimum Polda Kepri Kompol Dhani Catra Nugraha mengungkapkan, kejadian sebelumnya berawal dari informasi masyarakat akan adanya pemulangan PMI dari Malaysia menuju Batam. 

“Sebelumnya informasi ini kita dapatkan dari masyarakat, setelah kita lakukan penyelidikan, diketahui mereka didatangkan dari Malaysia menuju Batam menggunakan kapal speed kemudian diturunkan di pelabuhan tikus Tanjung Sengkuang Batuampar,” ungkap Kompol Dhani. 

Ia juga mengatakan, dari pengakuan para PMI,  mereka dikenakan biaya bervariasi untuk bisa sampai ke Batam dan menuju kampung halamannya masing-masing. 

“Mereka diminta uang bervariasi, ada yang sebesar lima juta rupiah, ada juga yang empat juta rupiah tergantung dari daerah pemulangannya,” ungkapnya. 

Selanjutnya, terhadap para tersangka dikenakan pasal 120 UU Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dengan ancaman 15 tahun penjara.

Penulis : Marina

Editor : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top