Sejumlah Wilayah di Batam Terendam Banjir, DPRD Angkat Bicara | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Sejumlah Wilayah di Batam Terendam Banjir, DPRD Angkat Bicara

Jalan Raya di kawasan botania batam center terendam banjir, rabu(14/11)/Foto : PGP

BATAM – Anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Muhammad Jeffry Simanjuntak mengatakan, warga seharusnya tidak selalu menyalahkan pemerintah atas peristiwa banjir yang melanda beberapa wilayah di Batam beberapa hari belakangan ini.

“Kesadaran warga dalam hal membuang sampah juga perlu diperbaiki, jangan hanya menyalahkan pemerintah, rasa saling memiliki dan rasa peduli itu sudah tidak ada lagi dan inilah akibatnya banjir di mana-mana, warga tidak boleh menyalahkan pemerintah, sejauh ini masih bagus-bagus aja kinerja pemerintah,” kata Jeffry di Gedung DPRD Kota Batam, Selasa (14/11/2017).

Menurutnya, selain drainase yang masih perlu diperbaiki, salah satu penyebab utama banjir di Batam karena banyaknya tumpukan sampah di saluran-saluran air yang ada terutama di wilayah yang rendah.

“Kalau sampah sudah menumpuk pastilah saluran air terganggu. Di sini perlu dibangun jati diri yang selama ini belum terbina dan itu harus segera diperbaiki dari sekarang,” terangnya.

Ia menyarankan kepada Dinas PU, Dinas LH, dan Dinas Perkim serta seluruh Lurah yang ada di Batam untuk melakukan normalisasi terhadap setiap saluran yang menampung volume air dalam jumlah yang banyak.

“Dari sekarang ayo galakkan kegiatan gotong royong di seluruh kelurahan. Dalam hal ini seluruh perangkat RT/RW harus ikut kerja bakti, kalau tidak bisa dilakukan ya didenda,” ujarnya.

Ia juga meminta Dinas LH untuk berani menindak warga yang sengaja membuang sampah sembarangan. “Dinas Lingkungan Hidup harus tegas menerapkan Tipiring,” imbuhnya.

 

 

Penulis : Roni Rumahorbo

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top