Susahnya Mencari Ikan Selar dan Bandeng di Batam | swarakepri.com
BISNIS

Susahnya Mencari Ikan Selar dan Bandeng di Batam

Ilustrasi/foto : istimewa

BATAM – Kebutuhan pangan seperti ikan merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam empat sehat lima Sempurna. Ikan juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang memiliki kandungan gizi tinggi.

Namun mencari jenis ikan yang diinginkan tidaklah mudah. Hingga sebagian penikmat sajian ikan harus memesan kepada para Nelayan atau kepada Penjual.

Seperti halnya di Batam, untuk mendapatkan ikan jenis Selar dan Bandeng terbilang susah. Hal itu terbukti saat  SWARAKEPRI.COM mencoba menelusuri keberadaan ikan tersebut di Pasar Jodoh, Batam, Rabu (14/2/2018).

Menyusuri pedagang ikan yang satu ke pedagang lainnya,  belum juga ditemukan ikan jenis Selar dan Bandeng.  Hingga akhirnya awak media mencoba menelusuri penyebab susahnya mendapatkan ikan tersebut.

Beberapa pedagang memberikan keterangan. Susahnya mendapatkan ikan Selar dan Bandeng disebabkan faktor cuaca yang menjadikan gelombang laut tinggi dan tidak memungkinkan nelayan untuk melaut ke perairan dalam.

Di samping itu, libur perayaan Tahun Baru Imlek juga digadang sebagai salah satu faktor penyebabnya. Di mana, kapal – kapal nelayan banyak bersandar dan memutuskan untuk tidak melaut.

“Susah kang dapat ikan jenis Selar dan Bandeng sekarang. Sekarang musim angin utara, gelombang laut tinggi. Nelayan banyak yang tidak berani melaut ke perairan dalam. Ditambah lagi mau libur Imlek, kapal banyak berhenti, mungkin nelayannya libur,” kata salah seorang pedagang ikan di Pasar Jodoh.

Ia pun berharap musim gelombang laut tinggi itu cepat berlalu agar nelayan bisa melaut dan bisa produktif.

 

 

 
Penulis  : Syahril Sinaga
Editor    : Roni Rumahorbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + twelve =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top