Tarif Listrik di Batam Jauh Lebih Murah Dibanding Nasional | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Tarif Listrik di Batam Jauh Lebih Murah Dibanding Nasional

Corporate Secretary bright PLN Batam, Samsul Bahri/foto : Dok, bright pln Batam

BATAM – Corporate Secretary bright PLN Batam, Samsul Bahri mengatakan bahwa usulan kenaikan tarif semata-mata diajukan untuk menjamin kelangsungan dan eksistensi layanan PLN Batam. Bukan untuk mencari keuntungan yang lebih besar untuk perusahaan.

“Rencana penyesuaian tarif listrik PLN Batam masih jauh lebih murah dibanding tarif nasional atau tarif PT PLN (Persero),” ungkap Samsul Bahri, sesuai keterangan pers yang diterima swarakepri.com, Minggu (5/3/2017).

Kata dia, angka yang diusulkan juga masih dalam batas kewajaran dan kemampuan masyarakat Batam. Untuk itu diharapkan kenaikan tarif listrik tersebut dapat diterima semua kalangan, terutama kalangan pelanggan rumah tangga golongan tarif (R-1) 1.300 VA dan 2.200 VA.

“Saat ini tarif listrik nasional per-kWh berada dikisaran Rp.1.467/kWh (Februari dan Maret), sementara usulan tarif yang diusulkan PLN Batam masih pada angka 1.352/kWh, masih lebih murah 8.08% ketimbang tarif nasional,” lanjutnya.

Dibandingkan dengan kebutuhan sehari-haripun tarif listrik per-kWh di Batam ternyata jauh lebih murah dibandingkan satu batang rokok. Sebab, satu kwh listrik saat ini hanya berada pada angka Rp960. Dalam satu kwh tersebut dapat digunakan untuk melistriki peralatan elektronik yang memiliki daya hingga 1000 watt.

Dijelaskannya lagi, adapun manfaat yang bisa diperoleh dengan satu kwh listrik yaitu dapat menyalakan empat lampu LED 9 watt selama 27 jam, menonton TV LED 32 incih 100 watt selama 10 jam, menggunakan setrika listrik 250 watt selama empat jam, menghangatkan nasi dengan rice cooker 100 watt selama 10 jam.

“Bisa juga mencharge handphone dengan daya 4 watt dapat digunakan untuk 75 hari. Dengan estimasi waktu charge dua jam per hari. “Jadi satu kwh bisa kita pakai untuk melistriki 1.000 watt,” jelasnya.

KOMENTAR FACEBOOK

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top