Terinspirasi Petugas Kebersihan, Nizar Ciptakan Sepeda Penyapu Sampah | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Terinspirasi Petugas Kebersihan, Nizar Ciptakan Sepeda Penyapu Sampah

BATAM – swarakepri.com : Nizar Saprijar, mahasiswa semester 5 Politeknik Batam berhasil membuat terobosan baru dalam dunia otomotif dengan menciptakan sepeda penyapu sampah kering dalam tugas pembuatan tugas akhir kuliahnya.

Nizar mengaku mendapatkan ide untuk membuat sepeda ciptaannya tersebut saat melihat petugas kebersihan sedang menyapu. “Idenya berawal saat melihat petugas kebersihan menyapu. Dari situ saya kemudian mencoba membuat alat baru untuk meringankan pekerjaan mereka,” ujarnya, Jumat (31/1/2015).

Menariknya sepeda penyapu sampah kering buatan Nizar ini bekerja seperti kincir air. Saat sepeda dijalankan maka, rantai yang terhubung dari gier yang terpasang di roda depan sepeda akan memutar conveyor. Conveyor yang dipasangi dengan empat sapu yang ada di depan dan dua di samping kiri dan kanan akan bermutar, untuk menyapukan sampah kedalam tong sampah yang berada di bawah.

“Kendalanya, mencari rotasi atau putaran sapu agar sampah masuk kedalam tong sampah. Saya juga beberapa kali mengulanginya karena sampahnya tidak masuk ke tong,” jelas Nijar.

Selain Nizar, teman-temannya di Poltek Batam juga menciptkan terobosan-terobosan lainnya seperti membuat mobil go kart, modifikasi dan merakit sepeda motor, dan alat perontok bulu ayam.

Muhammad Hasan Albana selaku Dosen Pembimbing Pembuatan Alat mengatakan setiap mahasiswa diberi kesempatan merancang alat sesuai kebutuhan yang ada di masyarakat. “Mereka boleh membuatnya secara pribadi atau tim, sesuai dengan tingkat kerumitan dan besarnya biaya yang akan dikeluarkan dalam pembuatan tugasnya,” jelasnya.

Menurutnya hasil karya mahasiswa Poltek Batam ini akan didaftarkan ke Hak Atas Kekayaan Intektual (HAKI) untuk melindungi hak cipta. “Jika memang sesuatu hal yang baru dan belum pernah ada yang menciptakan dan mempublikasikan alat tersebut, kita akan daftarkan di HAKI,” pungkasnya.(red/AMOK)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top