Usulan Sekolah Lima Hari Didukung Disdik Pemkab Karimun | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Usulan Sekolah Lima Hari Didukung Disdik Pemkab Karimun

gedung pemkab karimun/foto : roni rumahorbo

KARIMUN – Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun mendukung wacana dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang mengusulkan Sabtu sebagai hari libur sekolah. Hanya saja, untuk menerapkan sistem itu, perlu adanya petunjuk teknis melalui surat edaran dari pusat.

“Kami sudah mendengar kabar tentang wacana Pak Menteri soal sekolah yang hanya sampai Jumat atau sekolah 5 hari tersebut. Kalau aurannya jelas, tentu saja kami sangat mendukung rencana Pak Menteri itu,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim di Tanjungbalai Karimun, Kamis (10/11/2016).

Kata Bakri, penerapan belajar selama 5 hari sebenarnya sudah ada dilaksanakan oleh sebagian sekolah di Kabupaten Karimun. Hanya saja, sistemnya berbeda dari yang diwacanakan oleh Kemendikbud. Sekolah di Karimun hanya tidak melaksanakan proses belajar Sabtu, sementara sekolah tetap tidak libur.

“Program seperti itu sebenarnya tidak asing lagi di Karimun. Sudah ada beberapa sekolah yang menerapkan progam hampir serupa. Jika wacana dari Kemendikbud meliburkan sekolah pada hari Sabtu, sementara di Karimun hanya meliburkan proses pembelajaran saja, tetapi sekolah tidak libur,” tuturnya.

Dijelaskan, pihaknya masih belum bisa menjalankan sistem dari Kemendikbud tersebut secara utuh dan menyeluruh, karena hingga kini Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun masih menunggu informasi lanjutan dari Kementerian. Jika sudah ada instruksi jelas, maka sistem tersebut baru berlaku penuh.

“Kami masih menunggu petunjuk dan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, apabila sudah ada pernyataan resmi terkait sekolah 5 hari itu, baru akan kami terapkan di Karimun secara bertahap di sekolah-sekolah di Karimun. Namun, sebelumnya tentu saja harus disosialisasikan dulu,” ujar Bakri.

Menurut dia, penerapan sekolah 5 hari sama dengan program Full Day School (FDS). Artinya, jam pelajaran di sekolah akan diperpanjang dari pagi hingga sore. Sementara, waktu libur anak jadi makin lama, yakni dua hari selama seminggu. Jika Sabtu libur sekolah, maka siswa nantinya akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarganya.
(RED/HK)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top