Iklan Disini 728 x 90
BATAM

Verifikasi Penerima BPNT Batam Belum Tuntas, Ini Kendala di Lapangan

Ilustrasi (foto : istimewa)

BATAM – Proses verifikasi Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima manfaat Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dijadwalkan selesai pada bulan Februari 2017 belum bisa tuntas hingga saat ini di Batam.

“Ada kendala verifikasi,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Batam, Hasyimah kepada SWARAKEPRI.COM di Hotel 89 Penuin Batam, Kepulauan Riau, Senin (13/3).

Ia menjelaskan bahwa saat ini Dinas Sosial bekerjasama dengan Kelurahan sedang melakukan verifikasi data kondisi terkini rumah tangga sasaran yang akan menerima BPNT dari pemerintah pusat.

“Kita lagi verifikasi karena banyak Lurah yang minta petunjuk,” ungkap Hasyimah.

Dikatakan bahwa kendala yang dihadapi oleh pihak Kelurahan karena berhadapan dengan warga masyarakat yang mengaku tidak mampu sehingga tetap ingin menerima BPNT, meskipun sebenarnya kondisi di lapangan menunjukkan tingkat ekonomi keluarga tersebut sudah mengalami peningkatan.

Permasalahan ini menjadi pertimbangan pihak kelurahan untuk dilaporkan ke Dinas Sosial agar bisa ditemukan solusi dalam menetapkan rumah tangga sasaran penerima BPNT.

Dinas Sosial lanjut dia, memerlukan kehati-hatian agar penerima manfaat BPNT tepat sasaran.

“Kita hati-hati sekali kalau mereka tak mau, satu-satunya cara rumah mereka akan kita labelkan sebagai penerima manfaat,” jelas Hasyimah.

Hingga saat ini, sebanyak 30 kelurahan dari 64 kelurahan di Kota Batam sudah melakukan verifikasi rumah tangga sasaran.

“Sekitar 30 kelurahan dari 64 kelurahan sudah verifikasi,” terang Hasyimah.

Ia menjelaskan bahwa kelurahan yang belum melaporkan ke Dinas Sosial karena proses verifikasi belum selesai dilaksanakan.

Di Kota Batam ini terdapat 22.493 rumah tangga sasaran penerima manfaat BPNT dari Pemerintah Pusat yang perlu diverifikasi ulang.

Bantuan non tunai ini diberikan dalam bentuk voucher berisi saldo Rp 110.000 yang akan diberikan pemerintah setiap bulannya. Voucher tersebut hanya bisa digunakan untuk berbelanja di e-warung atau Rumah Pangan Kita yang telah ditetapkan oleh Perbankan yang telah bekerjasama dengan pemerintah untuk penyaluran BPNT, yakni BRI.

 

 

Penulis : Siska

EditorĀ  : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Iklan Disini 728 x 90
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top