Walikota Batam Dukung Gerakan Indonesia Perduli Sampah | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Walikota Batam Dukung Gerakan Indonesia Perduli Sampah

BATAM – swarakepri.com : Walikota Batam, Ahmad Dahlan berkomitmen dalam mendukung Gerakan Indonesia Perduli Sampah dengan menandatangani deklarasi mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020, hari ini, Senin(24/2/2014) di Kantor Walikota Surabaya.

Pelaksanaan penandatangan deklarasi yang diikuti oleh 30 Bupati dan Walikota Se-Indonesia, dunia usaha dan masyarakat tersebut dilakukan pada puncak peringatan Hari Perduli Sampah(HPS) Nasional tahun 2014.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya menekanan bahwa generasi bangsa yang berkualitas bisa diwujudkan merkea hidup dalam lingkungan yang baik, makan makanan yang sehat, minum air yang sehat dan menghirup udara yang segar dan sehat.

“Tanggung jawab kita semua sekarang ini adalah bagaimana mempersiapkan generasi muda indonesia ini kedepan agar mampu bersaing,” ujar Balthasar.

Menurutnya keberadaan sampah merupakan sumber pencemaran lingkungan, makanan yang tidak sehat, air minum yang tidak sehat dan udara yang tidak sehat. Untuk itu dengan dengan adanya deklarasi ini diharapkan bisa menjadi komitmen bersama untuk berperan aktif dalam mengelola sampah menuju kota bersih untuk meningkatkan taraf kesehatan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Seluruh Pemda harus meningkatkan pengoperasian TPA, TPS 3R(reduce, reusedan recycle) dan dibuatkan sistem insentif bagi masyarakat yang berhasil melaksanakan program 3R
serta kampanye dan pelatihan kepada masyarakat,” jelasnya.

Untuk diketahui adanya peringatan Hari Peduli Sampah Nasional awalnya dipicu oleh terjadinya tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah di Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005. Penyebab longsor tersebut diduga karena curah hujan yang sangat tinggi serta ledakan gas metana (CH4) yang terperangkap dalam timbunan sampah.

Akibat longsoran sampah tersebut sebanyak 150 jiwa penduduk yang ada disekitar TPA tersebut menjadi korban tewas. Untuk membangun komitmen bersaman agar bencana serupa tidak terulang kembali, Tanggal 21 Februari kemudian dijadikan sebagai Hari Perduli Sampah(HPS) Nasional.(rls/humas)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top