Waspadalah, Bersin bisa Menularkan Penyakit Kusta | SWARAKEPRI.COM
KESEHATAN

Waspadalah, Bersin bisa Menularkan Penyakit Kusta

ilustrasi bersin/foto : istimewa

JAKARTA – Kusta merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Leprae. Bakteri ini akan tumbuh pesat pada bagian tubuh yang suhunya lebih dingin, seperti pada kaki, tangan, wajah, dan lutut. Penyakit ini merupakan jenis penyakit menular yang harus Anda waspadai.

Cara penularannya adalah melalui cairan dari hidung, yang biasanya menyebar ketika penderita kusta sedang batuk atau bersin. Jadi Anda sebaiknya berhati-hati saat ada seseorang yang bersin di dekat Anda.

Selain itu, beberapa faktor risiko yang dapat menularkan penyakit ini adalah:

1. Kontak fisik secara rutin dengan penderita kusta.

2. Berada di kawasan endemik kusta untuk jangka waktu yang lama.

3. Memiliki kelainan pada sistem kekebalan tubuh.

Pengobatan kusta

Setelah didiagnosa menderita kusta, penderita akan diberi kombinasi antibiotik yang harus dikonsumsi secara rutin selama enam bulan hingga dua tahun. Durasi pengobatan didasarkan pada tingkat keparahan penyakit. Diperlukan pemeriksaan yang intensif untuk menentukan jenis pengobatan yang tepat untuk menangani kusta.

Selain pemberian obat, pada tingkat yang lebih parah, kusta perlu diatasi dengan cara pembedahan. Pembedahan bertujuan untuk menormalkan fungsi saraf yang rusak, memperbaiki bentuk tubuh yang cacat, hingga mengembalikan fungsi normal anggota tubuh.

Seluruh tindakan pengobatan tersebut harus segera dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita dan mencegah agar kusta tidak menjadi semakin parah.

 

Editor : Roni Rumahorbo

Sumber : 1health.id

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top